DetikHot

art

Seniman Suriah Gelar Pameran Seni di Prancis untuk Pertama Kalinya

Selasa, 06 Feb 2018 13:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seniman Suriah Gelar Pameran Seni di Prancis untuk Pertama Kalinya Seniman Suriah Gelar Pameran Seni di Prancis untuk Pertama Kalinya Foto: Reuters
Jakarta - Paris yang menjadi kota moder dan budaya membuka pintu bagi gelombang bakat baru. Sebuah studio besar menjadi ruang kerja bagi 150 seniman yang diasingkan dari negara-negara seperti Afghanistan, Kongo, termasuk Iran.

Salah satu dari seniman tersebut adalah warga Suriah, Lina Aljijakli. Perempuan berusia 35 tahun itu lahir di kota Hama yang sekarang tengah dilanda perang. Dia juga tercatat sebagai salah satu dari imigran yang mencari suaka di Prancis.

Bersama dengan 14 seniman lainnya, dia akan memamerkan karya di Istana Palais Royal. Dilansir dari Reuters, dia mengatakan di negara asalnya kebebasan berekspresi tidak bisa dikompromikan.



"Anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di sana. Anda bisa ditangkap dan terbunuh," ujarnya.

Salah satu karyanya sebagian besar menampilkan wajah perempuan dan anak-anak dengan latar belakang warna biru di lukisan. Lukisannya kerap mewakili penderitaan perempuan Suriah yang dipenjara dan terpisah dari anak-anak mereka. Ada perempuan yang dilukai oleh pemboman dari udara, dan lain-lain.

[Gambas:Video 20detik]


Salah seorang seniman sekaligus pengelola studio tempat Aljijakli berkesenian mengatakan sudah saatnya tradisi seni rupa di Prancis diperbaharui.

"Seni dan budaya Prancis banyak belajar dari peleburan ini, dari kontribusi budaya lain," tutupnya.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed