DetikHot

art

Lukisan Picasso Diganti Namanya Jadi 'Annabel'

Selasa, 06 Feb 2018 11:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Picasso Diganti Namanya Jadi Annabel Lukisan Picasso Diganti Namanya Jadi 'Annabel' Foto: Guardian
Jakarta - Sebuah lukisan yang berpindah tangan menjadi koleksi kolektor maupun galeri seni biasanya tidak akan diganti namanya. Namun, langkah yang dilakukan oleh pengusaha Richard Caring cukup berani.

Pria yang juga memiliki galeri seni itu mengganti lukisan Picasso dengan nama 'Annabel', sama seperti nama galeri seni yang dimilikinya. Dia membeli lukisannya pada 1937 silam dengan harga £ 20 juta atau sekitar Rp 382 miliar sampai £ 30 juta atau setara dengan Rp 573 miliar.

Awalnya lukisannya berjudul 'Girl with a Pearl Earring on the back' yang menampilkan mantan kekasih Picasso. Pelukis kenamaan Pablo Picasso memang kerap memakai foto kekasihnya yang bernama Marie-Thérèse Walter sebagai obyek lukisan.



Seorang kritikus seni Jonathan Jones di Guardian menuliskan langkah yang dilakukan Caring terbilang gegabah. Pengusaha tersebut mempunyai kesombongan yang sekaligus menggelikan.

"Langkahnya sulit dipahami sebagai keputusan emosional sesaat dan sulit dipahami oleh orang yang meneliti karya-karya Pablo Picasso. Saya sedih karena Caring mengambil nama dari galeri seninya untuk karya lukisan Picasso," ujarnya.

Lukisan-lukisan Picasso tersebar di seluruh penjuru dunia namun tidak terdokumentasi dengan baik. Hasil lukisannya pun kini diperebutkan oleh ahli warisnya dan mengakibatkan perebutan warisan yang tak berkesudahan.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed