DetikHot

art

Uniknya Labirin Bambu di Rooftop Galeri Nasional Singapura

Jumat, 26 Jan 2018 17:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Uniknya Labirin Bambu di Rooftop Galeri Nasional Singapura Uniknya Labirin Bambu di Rooftop Galeri Nasional Singapura Foto: National Gallery Singapore
Jakarta - Galeri Nasional Singapura kerap menampilkan karya-karya instalasi unik di bagian rooftop bangunannya. Kali ini, museum sekaligus galeri seni tersebut memajang labirin bambu yang dirancang oleh seniman Thailand kelahiran Argentina, Rirkrit Tiravanija.

Karya yang berjudul 'Untitled 2018' itu ditampilkan sampai 28 Oktober mendatang. Di tengah bagian labirin terdapat ruangan yang berbentuk sebagai kedai teh. Performance artist Mai Ueda akan menyajikan teh organik yang dicampur es jus semangka kepada pengunjung.

Dilansir dari situs Galeri Nasional Singapura, karya labirin bambu merupakan etalase kedua dari seri Taman Tropis di Ng Teng Fong. Lewat karyanya, seniman kelahiran 1961 itu ingin mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dalam program interaktif.



"Saya suka bekerja yang membuat tidak perlu memberitahu orang apa yang harus saya lakukan. Saya ingin orang-orang datang untuk menjadi diri mereka sendiri," ujarnya dikutip dari Straits Times, Jumat (27/1/2018).

Dia tidak ingin memisahkan batas antara seni dan aktivitas sehari-hari. Di awal 1990an, dia pernah memasak lalu menyajikan kari kepada pengunjung.

Di tahun 1992, dia membangun kedai teh dan memajang daun-daun teh agar pengunjung bisa menyeduh teh mereka sendiri. Di karyanya sekarang, Tiravanija memajang sekitar 2500 tiang bambu yang diterbangkan langsung dari rumahnya di Chiang Mai untuk membuat seni instalasi.

Karya seni instalasi 'Untitled 2018' masih bisa dilihat pengunjung sampai 28 Oktober, sepanjang waktu museum buka.


(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed