DetikHot

art

Karya Seni Toilet Emas 18 Karat akan Dipijamkan ke Trump?

Jumat, 26 Jan 2018 13:36 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya Seni Toilet Emas 18 Karat akan Dipijamkan ke Trump? Karya Seni Toilet Emas 18 Karat akan Dipijamkan ke Trump? Foto: Reuters
Jakarta - Museum Guggenheim New York kabarnya menawarkan untuk meminjamkan karya seni toilet emas karya seniman Italia Maurizio Cattelan kepada Presiden Amerika, Donald Trump. Toilet emas 18 karat itu pernah menghebohkan dunia dua tahun yang lalu.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/1/2018), sebelumnya Guggenheim meminjamkan lukisan Vincent van Gogh 'Landscape with Snow' kepada Trump pada Kamis pekan ini. Dia pun menawarkan untuk meminjamkan toilet emas dalam sebuah email.



Karya seniman Italia itu berjudul 'Amerika' dan pernah dipamerkan pada 2016 lalu di kamar mandi di Guggenheim. Menurut situs Guggenheim, karya tersebut dipamerkan selama setahun.

Kurator utama Guggenheim, Nancy Spector, mengatakan di awal 2017 dia pernah menuliskan tentang gesekan presiden di atas toilet emas. Dia menulis bahwa 'referensi Trump' melekat di toilet emas.

"Ketika patung tersebut dipamerkan 15 September lalu, Trump telah bertugas selama 238 hari, sebuah istilah yang ditandai dengan skandal dan kemunduran atas kebebasan sipil yang tak terhitung jumlahnya, selain penolakan perubahan iklim yang membuat planet kita berbahaya," tulis Spector.

Saat toilet emas tersebut dipajang pertama kali, saat itu Trump belum terpilih menjadi Presiden Amerika. Menanggapi kabar tersebut, pihak kurator utama museum menolak menjawab mengenai pinjaman toilet emas kepada Trump.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed