Djakarta Teater Platform Tampilkan Pertunjukan 'Memori Disorder'

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 23 Jan 2018 15:58 WIB
Djakarta Teater Platform Tampilkan Pertunjukan 'Memori Disorder' Foto: Dewan Kesenian Jakarta (DKJ)
Jakarta - Untuk keempat kalinya, Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menghadirkan program Djakarta Teater Platform. Sukses dengan tiga penyelenggaraan sebelumnya, kali ini Teater Stasiun menampilkan pentas berjudul 'Memori Disorder'.

Pertunjukan tersebut menceritakan tentang tiga orang tua yang mengalami peristiwa traumatik di masa mudanya. Ketiga sahabat itu memiliki masa lalu berbeda dan mereka mencoba untuk menyelesaikan persoalan tersebut.



Aktor Joind Bayuwinanda, Anggun Anggendari, dan Indra Prasto akan bermain dalam lakon tersebut. Sutradara pertunjukan Edian, mengatakan pementasan tidak membicarakan tentang Timor Timur.

"Peristiwa operasi militer di Timor Timur hanya menjadi bagian dari sejarah kelam kerabat dekatnya yang justru tidak terlalu memusingkan perkara Timor Timur," ujar Edian Munaedi, dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (23/1/2018).

Kelompok teater yang berdiri sejak 1993 silam itu diprakarsai oleh aktivis Karang Taruna Kelurahan Angke. Nama 'stasiun' diambil karena lokasi yang dekat dengan Stasiun Angke, Jakarta Barat.

Ketua Komite Teater DKJ, Afrizal Malna mengatakan penggarapan lakon ini sudah dimulai satu tahun lamanya. "Penggunaan media seperti arsip video, musik digital, video mapping, dan media lainnya bisa menggantikan unsur 'cermin' yang tidak hadir sebagai bagian dari representasi rumit," ujar Afrizal.

Pertunjukan akan berlangsung pada Minggu (28/1) di Gedung Kesenian Jakarta pukul 14.00 dan 20.00 WIB.

(tia/nu2)