DetikHot

art

50 Lukisan Damien Hirst akan Hiasi Bangunan Bersejarah di Inggris

Selasa, 09 Jan 2018 11:41 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
50 Lukisan Damien Hirst akan Hiasi Bangunan Bersejarah di Inggris 50 Lukisan Damien Hirst akan Hiasi Bangunan Bersejarah di Inggris Foto: Istimewa
Jakarta - Damien Hirst asal Inggris dikenal sebagai seniman terkaya dan karya-karyanya telah mendunia. Mengawali tahun 2018, sebanyak 50 lukisan Damien Hirst akan dipajang di bangunan bersejarah, Houghton Hall di Norfolk yang dibangun pada abad ke-18.

Pameran tunggal Damien Hirst diberi judul 'The Colour Space' itu bakal dibuka Maret mendatang. Houghton Hall di Norfolk adalah bangunan yang khusus dibangun untuk Perdana Menteri pertama di Inggris, Sir Robert Walpole dan menjadi salah satu rumah terbesar di dunia.



Walpole juga diketahui sebagai kolektor seni bagi lukisan-lukisan dari Rembrandt, Poussin, Van Dyck, dan Velázquez. Kurator pameran, Mario Codognato, mengatakan karya yang ditampilkan lebih organik.

50 Lukisan Damien Hirst akan Hiasi Bangunan Bersejarah di Inggris50 Lukisan Damien Hirst akan Hiasi Bangunan Bersejarah di Inggris Foto: Istimewa


"Lukisan bersejarah yang old master di Houghton akan digantikan oleh lukisan-lukisan Damien Hirst. Cara ini sangat berbeda," ujarnya dilansir dari berbagai sumber, Selas (9/1/2018).

Kemegahan bangunan yang historis akan dipadukan dengan gambar modern dari Hirst. Hal tersebut bukan pertama kalinya dilakukan oleh Hirst. Sebelumnya di tahun 2012, dia pernah mengambil alih 11 galeri Gagosian untuk lukisannya. Tahun lalu, karya monumentalnya 'Treasures from the Wreck of the Unbelievable' mengisi dua istana besar Venesia.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed