DetikHot

art

Teater Koma Pentaskan 'Balada Cinta Si Bandar Bala' Akhir Pekan Ini

Jumat, 08 Des 2017 17:41 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Teater Koma Pentaskan Balada Cinta Si Bandar Bala Akhir Pekan Ini Teater Koma Pentaskan 'Balada Cinta Si Bandar Bala' Akhir Pekan Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Program akhir pekan di Museum Nasional hadir lagi akhir pekan ini. Pentas dongeng sejarah yang terinspirasi dari artefak nusantara dan nusantara kali ini mengambil lakon 'Balada Cinta si Bandar Bala'.

Lakon tersebut juga mengajak kita melalui kisah tentang peran manusia dan kekuatan dunia dalam mengeksploitasi berkah alam Nusantara menjelang akhir Perang Jawa dan pelaksanaan sistem Tanam Paksa pada awal abad ke-19.

Dalam keterangan yang diterima detikHOT, Jumat (8/12/2017), Perang Jawa merupakan salah satu pertempuran terbesar yang nyaris membuat bangkrut penjajah Wlanda. Perang yang berlangsung selama lima tahun (1825-1830) itu pun menelan kerugian yang tidak sedikit bagi kedua belah pihak.



Perlawanan Pangeran Diponegoro bukan hanya mengakibatkan kematian 15,000 soldadu dan kerugian 25 juta Gulden pada pihak penjajah, tapi juga memakan korban 200 ribu rakyat Jawa dan menghancurkan seperempat lahan pertaniannya. Kisah seru itulah yang bakal dimainkan oleh Teater Koma.

Nantinya, setelah menonton pertunjukan pengunjung akan diajak untuk menjelajah museum. Pengunjung akan dibekali peta jelajah untuk 'berburu' berbagai artefak dalam koleksi Museum Nasional yang terkait dengan episode sejarah yang baru saja ditonton.

Pertunjukan penutup season 5 dari program 'Akhir Pekan di Museum Nasional' ini akan digelar pada Minggu (10/12) di Museum Nasional Indonesia.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed