DetikHot

art

Teater Koma Pentaskan Lakon Dongeng Sejarah di Akhir Pekan di Museum

Senin, 27 Nov 2017 14:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Teater Koma Pentaskan Lakon Dongeng Sejarah di Akhir Pekan di Museum Teater Koma Pentaskan Lakon Dongeng Sejarah di Akhir Pekan di Museum Foto: Akhir Pekan di Museum
Jakarta - Teater Koma kembali menghadirkan lakon dongeng sejarah yang berjudul 'Orang Laut, Bajak Laut, dan Raja Laut'. Lakon kocak yang diracik oleh dapoerdongeng itu berlangsung di Museum Nasional Indonesia akhir pekan lalu.

Edisi kelima di tahun ini terinspiorasi dari artefak perdagangan dan kemiliteran dari Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Koleksi Museum Nasional membawa pesan moral tentang pentingnya bersikap inovasi dalam perubahan yang tak terduga.



"Pertunjukan ini mengajak anak-anak menjelajahi hubungan maut antara teh Cina, bajak laut Sulu, budak belian, teripang Bugis, opium India, dan persaingan antara penjajah Spanyol, Belanda, dan Inggris pada salah satu zaman paling mengerikan dalam sejarah Nusantara awal hingga akhir abad ke-19," tulis keterangan yang diterima detikHOT, Senin (27/11/2017).

Tahun lalu, program Akhir Pekan di Museum mengaambil tema bandar-bandar dagang Nusantara. Di tahun ini tema alam, manusia, serta peristiwa dalam membentuk sejarah Nusantara yang diambil kali ini.

Nantinya di episode keenam akan membawa pengunjung kembali ke zaman pra-sejarah saat leluhur bangsa Indonesia hijrah dari Afrika ke Sumatera dan Jawa, sampai meletusnya Gunung Tambora. Pada 10 Desember, pentas dongeng season 5 akan ditutup oleh lakon 'Balada Cinta si Bandar Bala' yang menceritakan kekalahan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed