DetikHot

art

Ajaib, Lukisan dari Abad ke-17 Ini Berhasil Direstorasi Philip Mould

Senin, 13 Nov 2017 12:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ajaib, Lukisan dari Abad ke-17 Ini Berhasil Direstorasi Philip Mould Ajaib, Lukisan dari Abad ke-17 Ini Berhasil Direstorasi Philip Mould Foto: Philp Mould/ Twitter
Jakarta - Pekan lalu seorang art dealer Philip Mould mempublikasikan video pendek tentang proses pengerjaan restorasi sebuah lukisan. Video yang kemudian menjadi viral itu hangat dibicarakan di media sosial.

Bekerja dengan cepat dan ajaib, ia mampu menyeka kotoran yang ada di atas permukaan lukisan. Hasil tangannya pun bisa mengungkapkan adanya keindahan cat minyak yang berkilau dari lukisan tersebut.

Di video, Philip Mould sedang melucuti pernis yang ada di lukisan. Permukaan lukisan memang terlihat lebih kotor dan warnanya lebih kuning. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (13/11/2017), sejarawan seni dan ahli kimia, awalnya akan memeriksa lukisan dengan seksama untuk menentukan jenis pernis dan bahan yang bakal digunakan.



Mereka akan memilih bahan kimia yang paling cocok untuk melelehkan lapisan pernis yang menguning, dan mengubah permukaan menjadi warna yang lebih jelas.

Setelah video pertamanya menjadi hits di media sosial, Philip Mould pun melanjutkan dokumentasi transformasi lukisan tersebut di akun Twitter. Bagian awal restorasi, terlihat bagian wajah sudah bersih dari sebelumnya.

Setelah dilakukan pembersihkan, lukisannya nampak lebih muda.

"Menanggapi mereka yang ingin melihat gambar yang tidak bersih dari #womaninred, yang kita tahu sosok perempuan misterius itu adalah berusia 36 tahun dan dilukis tahun 1618 silam," tulis Philip Mould.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed