DetikHot

art

Empat Pelukis Ikuti Pameran 'Lukisan Tanpa Teori' di Jakarta

Rabu, 08 Nov 2017 13:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Empat Pelukis Ikuti Pameran Lukisan Tanpa Teori di Jakarta Empat Pelukis Ikuti Pameran 'Lukisan Tanpa Teori' Foto: Eva Tobing/ Dewan Kesenian Jakarta
Jakarta - Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mempersembahkan pameran 'Lukisan Tanpa Teori' yang baru dibuka tadi malam. Lukisan koleksi DKJ yang dipamerkan merupakan karya empat serangkai maestro pelukis dari tahun 1970-1978 yakni Nashar, Oesman Effendi, Rusli, dan Zaini.

Dari beberapa karya para pelukis tersebut, DKJ memilih 16 lukisan yang dapat dihubungkan mengenai gagasan 'perlukah teori dalam melukis'. Lukisan tersebut berdasarkan pada rasa, irama alam, situasi jiwa, dan bayangan kehidupan.



"DKJ ingin menawarkan penglihatan gaya melukis yang dilakukan keempatnya sebagai ke-Indonesia-an yang dicari-cari tanpa teori yang berpaling dari seni lukis Barat ataupun motif tradisi Nusantara," tulis keterangan yang diterima detikHOT, Rabu (8/11/2017).

Empat Pelukis Ikuti Pameran 'Lukisan Tanpa Teori'Empat Pelukis Ikuti Pameran 'Lukisan Tanpa Teori' Foto: Eva Tobing/ Dewan Kesenian Jakarta


Eksibisi yang dikuratori oleh Leonhard Bartolomeus dan Gesyada Annisa Namora Siregar itu dibuka pada Rabu (8/11) malam. "Diharapkan pameran ini dapat membuka lebar kesempatan masyarakat untuk menikmati koleksi-koleksi seni rupa yang dimiliki DKJ," kata Leonhard.

Pameran berlangsung mulai 8-23 November 2017 di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed