IFI Jakarta Sukses Rayakan Karya Ilustrator Prancis Rene Goscinny

Tia Agnes - detikHot
Senin, 06 Nov 2017 17:08 WIB
IFI Jakarta Sukses Rayakan Karya Ilustrator Prancis Rene Goscinny Foto: IFI Jakarta
Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (IFI) Jakarta baru saja menggelar perayaan dari 40 tahun wafatnya ilustrator Prancis, René Goscinny. Dia dikenal sebagai penulis untuk komik strip 'Asterix'.

Sepanjang Minggu (5/11), IFI Jakarta menggelar pemutaran film, workshop, serta diskusi bertemakan 'GOSCINNYRIX XL'. Pengunjung juga bisa berpartisi dalam workshop menggambar dan mewarnai.

Tiga komikus muda Tanah Air juga ikut serta dalam acara tersebut. Ada ilustrator beragam buku cerita anak Antonio Reinhart Wisesa, Sheila Rooswitha Putri yang dikenal lewat graphic diary kehidupannya sehari-hari 'Sheila's Playground'. Serta terakhir, Miralti Firmansyah yakni ilustrator yang sukses menggarap ilustrasi Star-Lord, Kitty Pride, dan serial komik X-Men '92 keluaran Marvel.



Penerjemah komik legendaris Rahartati Bambang Haryo pun hadir. René Goscinny dikenal sebagai penulis dan editor komik yang terkenal di dunia berkat karya-karyanya di antaranya 'Asterix' yang ditulis bersama komikus Albert Uderzo, 'Lucky Luke' bersama Morris, dan 'Iznogoud' bersama komikus Jean Tabary.

IFI Jakarta Sukses Rayakan Karya Ilustrator Prancis Rene GoscinnyIFI Jakarta Sukses Rayakan Karya Ilustrator Prancis Rene Goscinny Foto: IFI Jakarta


Namanya masuk sebagai daftar 20 pengarang yang karyanya paling banyak diterjemahkan menurut Index Translationum UNESCO 2017. Dia juga mendapatkan pengakuan internasional seperti Adamson Award 1974 untuk Kategori Seniman Komik Internasional Terbaik, Will Eisne Hall of Fame 2005 untuk Kategori Pilihan Juri.

Sejak 1996, Festival Komik Internasional Angouleme memberikan Rene Goscinny Award kepada para penulis komik generasi muda terbaik.

(tia/tia)