ADVERTISEMENT

Museum MACAN Resmi Dibuka untuk Publik

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 03 Nov 2017 14:49 WIB
Museum MACAN Resmi Dibuka untuk Publik Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau disingkat Museum MACAN resmi dibuka untuk umum. Sebagai perayaan perdana, pameran seni berjudul 'Seni Berubah, Dunia Berubah' digelar mulai 4-18 Maret 2018.

Ada 90 karya seni lukisan, patung, maupun seni instalasi milik filantropi Haryanto Adikoesoemo yang dipamerkan. Sebagian besar di antaranya berasal dari karya seni Indonesia dan mancanegara.

Sehari sebelum peresmian, saat media preview Museum MACAN, Chairwoman Yayasan Museum MACAN Fenessa Adikoesoemo mengatakan sebenarnya ayahnya memiliki 800 koleksi yang dikumpulkan selama 25 tahun.



"Tapi untuk pameran perdana yang amazing ini, kurator Charles Esche dan Agung Hujatnika memilih 90 karya yang mewakili konsep kuratorial pameran. Dari awal karya yang dipamerkan sampai bagian kontemporer bisa dilihat sejarah seni rupa Indonesia," ujar Fenessa pada Jumat (3/11/2017).

Pihak Museum MACAN sudah menyiapkan tiga tahun lamanya sebelum peresmian Museum MACAN yang seremoni akan berlangsung esok hari pukul 13.30. Museumnya sendiri menempati salah satu lantai dari Wisma AKR dan menempati ruang seluas 4.000 meter persegi yang didesain oleh MET Studio yang berbasis di London.

Museum MACAN Resmi Dibuka untuk PublikMuseum MACAN Resmi Dibuka untuk Publik Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Selama tiga tahun kami memikirkan konsep apa saja, kuratorial, termasuk pemilihan karya yang akan dipamerkan," lanjut Fenessa kepada detikHOT.

Direktur Museum MACAN Aaron Seeto mengatakan pameran pertama yang dihadirkan menjadi pembuka kegiatan museum. "Kami tidak hanya memajang 90 karya seni koleksi Haryanto Adikoesoemo saja tapi juga fokus kami pada pendidikan atau edukasi bagi publik," kata Aaron Seeto.

Di salah satu sisi lain dari museum terdapat ruang seni bagi anak-anak. Ruangan yang khusus didesain Entang Wiharso ini membebaskan anak-anak untuk menggambar sekaligus berkreasi.



Saksikan video mengenai Museum Macan di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik! (tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT