Taman Indonesia Kaya Kini Hadir di Semarang

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 01 Nov 2017 11:20 WIB
Foto: Tia Agnes
Semarang - Sukses membangun Galeri Indonesia Kaya di pusat Ibu Kota pada Oktober 2013 silam, kini Bakti Budaya Djarum Foundation membangun ruang publik seni pertunjukan lain. Lokasi kedua yang bersifat outdoor itu terletak di Taman Menteri Supeno, persis depan SMA 1 Semarang.

Taman yang terletak di jantung kota Semarang itu banyak digunakan untuk bersantai dan istirahat dari rutinitas sehari-hari. Taman Indonesia Kaya pun bakal menjadi taman budaya di Jawa Tengah.


Ground breaking resmi Taman Indonesia Kaya dimulai secara simbolis oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama Presiden Director Djarum Foundation Victor Rahmat Hartono. Saat sambutan, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan rencana pencanangan taman budaya sudah dimulai sejak 2014 lalu.

"Tapi sempat terhenti rencananya. Ketika saya nonton pertunjukan di Galeri Indonesia Kaya, saya sampaikan lagi bahwa kami siap jalan dan Alhamdulillah hari ini kami resmikan groundbreaking seluas 5000 meter persegi dan 1400 kapasitas maksimal penonton," ujar Hendrar di Taman Menteri Supeno, Semarang, Rabu (1/11/2017).

Taman Indonesia Kaya Kini Hadir di Semarang Foto: Tia Agnes

Presiden Director Djarum Foundation Victor Rachmat Hartono mengungkapkan Taman Indonesia Kaya ini dihadirkan sesuai dengan visi Bakti Budaya Djarum Foundation.

"Kenapa aktif di Jakarta duluan itu sengaja karena kalau di Jakarta penontonnya rela bayar Rp 1 juta untuk seni pertunjukan, kalau di Semarang nggak. Saya pulang kampung lagi untuk memajukan kota Semarang," ujar Victor.


Taman Indonesia Kaya yang bersifat outdoor ini akan berbentuk futuristik. Seperti arena sebuah pertunjukan, akan ada panggung amphiteater yang memuat 400 penonton. Di sisi lainnya yang menghadap kantor Gubernur Jawa Tengah akan ada panggung yang berkapasitas 1000 penonton. Nantinya, satu kali sebulan bakal digelar oleh seni pertunjukan berkualitas yang diisi seniman-seniman. (tia/mah)