detikHot

art

Balet Indonesia Kembali Berjaya di Mancanegara

Jumat, 27 Okt 2017 22:09 WIB Tia Agnes - detikHot
Balet Indonesia Kembali Berjaya di Mancanegara. Foto: Tia Agnes
Jakarta - Marlupi Danxe Academy sekali lagi menorehkan prestasi di ranah balet internasional. Sekolah tari yang didirikan oleh Marlupi Sijangga pada 1956 itu berhasil meraih tujuh penghargaan di Asian Grand Prix Hong Kong pada Agustus lalu.

"Youth Grand Prix Award ini baru pertama kalinya Indonesia mendapatkan juara. Tujuh tahun lalu saya sempat melihat kompetisi tersebut dan berpikir kapan ya Indonesia bisa menang di kejuaraan balet bergengsi, dan mimpi kami terwujud membawa nama Indonesia," kata Director of Performing Arts Marlupi Dance Academy (MDA) Claresta Alim saat jumpa pers, Jumat (27/10/2017).


Kemenangan Marlupi Dance Academy di kompetisi tersebut akan membawa ke perlombaan berikutnya di New York pada April 2018 mendatang.

"Award ini diberikan karena penari balet kami berhasil melampaui skor yang ditentukan mereka. Karena nilainya harus di atas 95," lanjut Claresta Alim.

Setelah menerima penghargaan, lanjut dia, pihak penyelenggara pun mulai banyak bertanya tentang Indonesia khususnya penari-penari balet yang ada di Tanah Air. "Saya bilang penari-penari eksis di klasik dan kontemporer, dan mereka bertanya bagaimana di Indonesia dan bagaimana talenta-talenta anak mudanya," ujarnya.


Marlupi Sijangga pendiri dari Marlupi Dance Academy yang eksis berkarier lebih dari 60 tahun itu mengatakan di usianya yang sudah senja, tidak ada kata akhir dari menari.

"Saya mau dan akan terus menghidupkan balet Indonesia. Marlupi Dance Academy sampai tiga generasi ini saya kira itu adalah upaya untuk mempopulerkan balet. Cucu saya sampai mendirikan Indonesia Dance Company dengan tujuan yang sama," tutup Marlupi.
(tia/mah)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com