DetikHot

art

Sukses dengan Trilogi 'Sin Jie Kwie', Teater Koma akan Pentaskan Lakon ke-4

Kamis, 26 Okt 2017 17:39 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sukses dengan Trilogi Sin Jie Kwie, Teater Koma akan Pentaskan Lakon ke-4 Foto: Tia Agnes
Jakarta - Sukses menyelenggarakan 'Opera Ikan Asin' dan 'Warisan' tahun ini, Teater Koma segera mementaskan pertunjukan 'Sin Jie Kwie' 4. Produksi Teater Koma yang ke-150 sejak berdiri pertama kali pada 1977 silam itu bakal digelar pada 10-19 Oktober 2017 di Graha Bhakti Budaya, kompleks TIM, Jakarta Pusat.

Lakon keempat ini akan menutup kisah Sie Jin Kwie Ceng See atau Sin Jin Kwie Menyerbu ke Barat yang diadaptasi oleh Nano Riantiarno dari novel karya Lokoanchung dan Tiongkengjian. Ditemui saat jumpa pers 'Sin Jie Kwie - Melawan Siluman Barat' sutradara Nano Riantiarno mengatakan pentasnya ini merupakan kelanjutan dari tiga seri sebelumnya.

Teater KomaTeater Koma Foto: Tia Agnes

"Dulunya terpikir mau trilogi tapi ini ada yang keempatnya. Bukan trilogi lagi tapi tetralogi," kata Nano Riantiarno di Universitas Tarumanegara, Kamis (26/10/2017).

Sebelumnya Teater Koma menggelar pertunjukan 'Sin Jie Kwie' pertama di tahun 2010, dilanjutkan setahun berikutnya 'Sie Jin Kwie Kena Fitnah', dan Sie Jin Kwie di Negeri Sihir' pada 2012.


"Dari lima tahun lalu, saya tidak bisa berhenti berpikir tentang Sin Jie Kwie. Kenapa ada lakon yang keempat? Lah, musuhnya saja belum mati, gimana mau selesai ceritanya," tutur Nano disambut gelak tawa.

Lakon keempat Sin Jie Kwie ini menceritakan tentang jenderal wanita Hwan Lie Hoa yang diangkat Raja Li Ti menjadi panglima besar Pasukan Tang setelah Sin Jie Kwie gugur di medan perang. Tugasnya hanya satu mengalahkan Jenderal Souw Po Tong dan menaklukkan Tartar Barat yang dibantu para siluman dan Dewa Jahat. Para Dewa Baik pun turun mendukung Pasukan Tang.

"Ada banyak pertempuran di lakon ini, Pak Sentot sampai membuat 20-an pertemuan. Dewa Jahat dan Dewa Baik juga akan berperang. Lakon yang terjadi ratusan tahun lalu tapi masih menjadi potret masa kini," kata Nano.

Teater KomaTeater Koma Foto: Tia Agnes

Selain dari unsur cerita, Nano juga memasukkan wayang orang, wayang golek, dan potehi dalam pertunjukan yang berdurasi 3,5 jam tersebut. "Ini pertunjukan bagus yang saya harap penonton setia Teater Koma juga suka. Banyak properti yang kami sediakan juga dan dalam 1 minggu bisa selesai. Yang momentumnya ketika panglimanya melahirkan di atas panggung dan pas cara dia melawan siluman barat," terangnya.

Pentas 'Sin Jie Kwie-Melawan Siluman Barat' dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, TIM, setiap hari mulai 10-19 November 2017 pukul 19.30 WIB kecuali Minggu pada 12-19 November pukul 13.30 WIB. Tiketnya dibanderol Rp 80 ribu sampai Rp 500 ribu.



(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed