detikHot

art

Raih Nobel Sastra 2017, Kazuo Ishiguro: Saya Kira Hoax!

Kamis, 05 Okt 2017 20:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Raih Nobel Sastra 2017, Kazuo Ishiguro: Saya Kira Hoax! Foto: Akademi Swedia Raih Nobel Sastra 2017, Kazuo Ishiguro: Saya Kira Hoax! Foto: Akademi Swedia
Jakarta - Kazuo Ishiguro menerima penghargaan bergengsi dunia Nobel Sastra hari ini. Pengumuman yang diumumkan oleh Akademi Swedia di Stockholm tersebut menepis semua nama yang masuk dalam nominasi.

Novelis 'Never Let Me Go' itu mengaku sama sekali belum dihubungi oleh pihak penyelenggara mengenai kabar bahagia tersebut.

"Akademi Swedia maupun Komite Nobel Sastra belum menghubungi dan saya tidak yakin apakah kabar itu tipuan atau hoax," ujar Kazuo Ishiguro seperti dilansir detikHOT dari BBC, Kamis (5/10/2017).

Meski begitu, Kazuo Ishiguro menerima keputusan Komite Nobel dengan lapang dada dan perasaan yang luar biasa. "Ini adalah kehormatan bagi saya dan terutama karena saya mengikuti jejak penulis terbesar yang pernah hidup. Ini adalah pujian yang luar biasa," ujarnya.



Dia pun berharap Hadiah Nobel Sastra akan menjadi sebuah kekuatan bagi dunia kesusastraan.

"Dunia berada dalam momen yang sangat tidak pasti dan saya berharap semua Hadiah Nobel akan menjadi kekuatan untuk sesuatu yang positif di dunia, seperti saat ini," tuturnya.

"Saya akan sangat terharu jika saya bisa menjadi salah satu atmosfer yang baik di tahun ini dan menyumbang suasana positif di kondisi yang sangat tidak pasti," tutup Kazuo Ishiguro.



Sekretaris Akademi Swedia Sara Danius mengatakan karya-karya Kazuo mencerminkan perpaduan antara Jane Austen dan Frans Kafka.

"Dia adalah sosok penulis yang memiliki integritas tinggi. Dia tidak melihat ke belakang, dia mengembangkan alam estetikanya sendiri. Novel The Remains of the Day adalah karya sejati yang dimulai seperti karya penulis PG Wodehouse dan berakhir dengan Franz Kafka," katanya lagi.



Saksikan video Kazuo Ishiguro Meraih Nobel Sastra 2017 di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton video lainnya di 20detik!


(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com