detikHot

art

Margaret Atwood Diunggulkan di Nobel Sastra Tahun Ini

Kamis, 05 Okt 2017 14:58 WIB Tia Agnes - detikHot
Margaret Atwood Diunggulkan di Nobel Sastra Tahun Ini Foto: Guardian Margaret Atwood Diunggulkan di Nobel Sastra Tahun Ini Foto: Guardian
Jakarta - Di antara sejumlah nama yang keluar sebagai prediksi dari Nobel Sastra 2017, Margaret Atwood pun diunggulkan. Novelis buku bergenre dystopia 'Handmaid Tale' itu tengah digandrungi publik dan menjadi favorit. Mengapa?

Akademi Swedia tahun lalu dikritik karena dugaan biasnya terhadap penulis Eropa. Jenis kelamin juga menjadi topik pembicaraan yang kontroversial.

Dari 113 penulis yang pernah menerima Hadiah Nobel Sastra, hanya 14 penulis perempuan yang berhasil menerima. Di sejumlah situs taruhan online, nama Margaret Atwood asal Kanada yang difavoritkan.



"Novel dystopia Margaret Atwood 'The Handmaid's Tale' baru-baru ini diadaptasi menjadi serial televisi dan berhasil meraih Emmy Award," tulis kritikus sastra Clemens Poellinger dilansir berbagai sumber, Kamis (5/10/2017).

Seperti yang diketahui Alfred Nobel sebagai penemu dinamit menggunakan kekayaannya untuk menciptakan penghargaan bergengsi. Menurutnya novelis yang menerima Hadiah Nobel Sastra harus seseorang yang berurusan dengan pertanyaan universal, seseorang yang harus ideal.

Pemenang akan dibacakan pada Kamis (5/10) pukul 13.00 waktu Stockholm. Hadiah tersebut akan diberikan senilai $ 1,1 juta.




(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com