detikHot

art

Setelah Bob Dylan, Siapakah Pemenang Nobel Sastra 2017?

Kamis, 05 Okt 2017 12:55 WIB Tia Agnes - detikHot
Setelah Bob Dylan, Siapakah Pemenang Nobel Sastra 2017? Foto: Getty Images Setelah Bob Dylan, Siapakah Pemenang Nobel Sastra 2017? Foto: Getty Images
Jakarta - Hari ini akan menjadi momen bersejarah bagi industri penerbitan dan sastra dunia. Penghargaan bergengsi Nobel Sastra 2017 bakal diumumkan pukul 13.00 waktu Stockholm.

Setelah keputusan kontroversi Bob Dylan, siapakah yang akan menang Hadiah Nobel Sastra?

Tentunya banyak spekulasi yang beredar. Situs bursa nama Nobel Sastra pun mengeluarkan banyak nama, meski begitu publik ingin Akademi Swedia mengumumkan pilihan yang lebih konservatif tahun ini.

"Kita seharusnya tidak mengharapkan sesuatu yang sensasional," ujar kritikus sastra untuk harian Swedia, Clemens Poellinger dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/10/2017).



Tahun ini pihak Akademi Swedia mempertimbangkan sekitar 195 kandidat yang mengerucut ke lima nama. Sekretaris Akademi Swedia Sara Danius pun mengumumkannya.

"Panitia membaca dan meninjau lima karya penulis tersebut selama beberapa bulan. Daftar singkat itu masih rahasia dan bahkan disimpan di sebuah tempat rahasia. Serta dijaga ketat," pungkasnya.

Beberapa hari belakangan, keluar nama penulis asal Kenya Ngugi wa Thiong'o, novelis yang populer dari Jepang Haruki Murakami, penulis Israel Amos Oz, serta penyair Suriah Adonis.

Penasaran siapa pemenang Hadiah Nobel Sastra 2017? Tunggu kabar berikutnya ya!


(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com