DetikHot

art

Apakah Detektif Tintin Seorang Perempuan?

Selasa, 26 Sep 2017 10:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Apakah Detektif Tintin Seorang Perempuan? Apakah Detektif Tintin Seorang Perempuan? Foto: Guardian
Jakarta - Seorang filsuf asal Perancis menjadi berita utama di seluruh dunia minggu lalu karena pernyataan kontroversial tentang Tintin. Dia menuliskan detektif Tintin merupakan perempuan. Wow!

"Bagi penciptanya Tintin selalu menjadi seorang perempuan muda. Seorang yang berambut merah androgini dengan mata biru dan mungkin aseksual," tulis Vincent Cespedes di akun Facebook, seperti dilansir detikHOT dari Guardian, Selasa (26/9/2017).

"Herge pasti akan tercengang 30 tahun setelah kematiannya dan 80 tahun setelah penampilan pertama Tintin di tanah Soviet, seluruh dunia masih percaya bahwa Tintin dianggap sebagai laki-laki sejati," tulisnya.



Meski menulis sejumlah data di akun Facebook-nya namun awak media internasional justru menuliskan kabar 'berita palsu' tersebut. Seorang ahli Tintin dan profesor tamu Universitas Aberdeen Benoit Peeters mengatakan Herge tidak secara spesifik menuliskan gender dari Tintin.

"Dia masih sangat muda saat menciptakan Tintin. Saat itu dia terinspirasi dari adik laki-lakinya Paul. Secara resmi Tintin masih berusia 17 tahun dan karakternya netral. Karena itulah banyak pembaca perempuan yang bisa membaca itu dan langsung jatuh cinta dengan karakter Tintin," tuturnya.

Petualangan Tintin adalah serial komik yang diciptakan Herge asal Belgia. Serial ini pertama kali muncul dalam bahasa Perancis sebagai lampiran bagian anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Januari 1929.

Tokoh utama dari serial ini adalah seorang wartawan Belgia muda dan pengembara bernama Tintin. Sejak kemunculannya pertama kali, ia ditemani oleh seekor anjing fox terrier yang bernama Milo. Lalu ada beberapa pemain tambahan seperti Kapten Haddock, yang terkenal dengan sumpah serapahnya, hingga Profesor Lakmus (Professeur Tournesol) yang sangat cerdas namun memiliki masalah dengan pendengarannya.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed