DetikHot

art

Tiga Lukisan Telanjang Picasso Dipajang Pasca 85 Tahun Hilang

Jumat, 22 Sep 2017 12:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tiga Lukisan Telanjang Picasso Dipajang Pasca 85 Tahun Hilang Tiga Lukisan Telanjang Picasso Dipajang Pasca 85 Tahun Hilang Foto: BBC
Jakarta - Pablo Picasso kerap menjadikan para kekasihnya sebagai obyek lukisan. Pasca 85 tahun menghilang, tiga lukisan telanjang karya Picasso ditemukan kembali dan dipajang dalam sebuah pameran seni.

Digelar di Tate Modern London, karya-karya terakhir diperlihatkan ke hadapan publik pada 1932 silam. Lukisan 'nudes' Picasso menampilkan sosok Marie-Therese Walter yang dilukisnya selama lima hari.

Berjudul 'The Mirror', 'Nude in a Black Armchair', dan 'Nude, Green Leaves', ketiga karya tersebut pernah dipajang di Paris dan Zurich. Direktur Tate Modern Achim Borchardt-Hume mengatakan hubungan Pablo Picasso dengan para obyeknya sangat penting.



"Anda tidak bisa membicarakan Picasso tanpa berbicara tentang istri dan kekasih-kekasihnya," ujarnya dikutip dari BBC, Jumat (22/9/2017).

Picasso bertemu dengan Marie-Therese Walter yang saat itu berusia 17 tahun. Sementara Picasso umurnya mencapai 45 tahun dan sedang tinggal dengan istrinya Olga Khokhlova. Picasso dan Marie-Therese melanjutkan hubungannya sampai memiliki seorang anak perempuan pada September 1935.

Lukisan trio 'nudes' akan hadir di pameran Pablo Picasso bersamaan dengan lukisan internasional lainnya setelah dua tahun direncanakan. Selain itu, ada lukisan 'Le Reve (The Dream)', juga belum pernah dipamerkan. Pameran 'Picasso 1932 - Love, Fame, Tragedy' digelar pada 8 Maret 2017 hingga 9 September 2018 di Tate Modern.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed