DetikHot

art

Cerita The Popo Bikin Mural di Warteg Lalu Dihadiahi Makan Gratis

Rabu, 23 Ags 2017 11:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Cerita The Popo Bikin Mural di Warteg Lalu Dihadiahi Makan Gratis Cerita The Popo Bikin Mural di Warteg Lalu Dihadiahi Makan Gratis Foto: PechaKucha Night Jakarta
Jakarta - The Popo dikenal sebagai seniman jalanan dengan karakter khas Popo yang menghiasi tembok-tembok Ibu Kota. Bagi pria yang bernama asli Ryan, tujuannya berkarya bukan untuk masuk ke galeri-galeri kenamaan Tanah Air.

Di ajang PechaKucha Night Jakarta Vol.30 yang bertemakan 'PopArt Culture', The Popo menceritakan mengenai satu peristiwa saat menciptakan mural di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

Saat itu, dia tengah mengerjakan proyek seni bernama Kaliopak Movement bersama Trotoart. Suatu hari, dia iseng-iseng membuat mural di bagian depan sebuah warung Tegal (warteg). Seminggu kemudian ketika datang lagi, warungnya sudah ramai didatangi warga.



"Gambar di warteg itu adalah prestasi terbesar saya, seminggu kemudian kok laku yah wartegnya," ujar The Popo tertawa kepada pengunjung yang menghadiri PechaKucha Night Jakarta Vol.30, semalam.

Cerita The Popo Bikin Mural di Warteg Lalu Dihadiahi Makan Seumur HidupCerita The Popo Bikin Mural di Warteg Lalu Dihadiahi Makan Gratis Foto: PechaKucha Night Jakarta


Dia pun diberikan hadiah dengan diizinkan makan di warteg tersebut seumur hidup. Namun, lanjut The Popo, hadiah dari warteg diberikan kepada seorang tukang sapu yang membantu ketika mengerjakan Kaliopak Movement.

"Gue sudah jarang datang ke sana. Saya bilang aja, akses makan seumur hidup saya kasih ke dia dan itu prestasi terbesar saya," pungkas The Popo.

Awalnya, The Popo tertarik membuat mural demi keisengan belaka. Selain memanfaatkan ruang publik sebagai tempat berkarya, mulai tahun 2008 Popo beberapa kali melakukan pameran di sejumlah galeri. Di antaranya RURU Gallery, Komunitas Salihara, dan Soemardja Gallery.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed