DetikHot

art

Soal Patung Ikan yang Dirobohkan, Bupati Pangandaran Kunjungi Nyoman Nuarta

Selasa, 25 Jul 2017 12:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Soal Patung Ikan yang Dirobohkan, Bupati Pangandaran Kunjungi Nyoman Nuarta Soal Patung Ikan yang Dirobohkan, Bupati Pangandaran Kunjungi Nyoman Nuarta Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa waktu lalu patung ikan karya Nyoman Nuarta di kawasan Pangandaran, Jawa Barat, dirobohkan oleh pemerintah setempat. Kasus perusakan karya seni di ruang publik mengundang reaksi keras dari kalangan seniman karena pembongkaran tidak memakai etika yang tepat.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata bersama stafnya pun melakukan kunjungan khusus ke NuArt Sculpture Park, Bandung, pada 13 Juli lalu. Dalam siaran pers yang diterima detikHOT, tujuan Jeje mendatangi Nyoman Nuarta untuk meminta maaf jika melakukan tindakan sebelah pihak.

"Saya sebagai Bupati Pangandaran yang bertanggung jawab pada pembongkaran patung karya Pak Nyoman bermaksud untuk meminta maaf atas kejadian tersebut," tutur Jeje, seperti yang termuat dalam keterangan tertulis.



"Kami sudah melakukan sosialisasi mengenai pembongkaran tersebut sejak satu tahun yang lalu namun tidak ada yang mengetahui bahwa karya tersebut adalah karya Pak Nyoman. Jika kami tahu, tentu saja kami akan menginformasikan terlebih dahulu dan meminta saran dari beliau," lanjutnya.

Patung berbentuk Ikan yang dipasang di lokasi strategis Pangandaran itu dibuat di masa-masa awal Nyoman Nuarta menggagas patung publik bersama pengusaha. Patung tersebut dianggap sebagai salah satu karya klasik Nyoman Nuarta.

Soal Patung Ikan yang Dirobohkan, Bupati Pangandaran Kunjungi Nyoman Nuarta Soal Patung Ikan yang Dirobohkan, Bupati Pangandaran Kunjungi Nyoman Nuarta Foto: Istimewa


Nyoman Nuarta pun menghargai kunjungan dari Jeje Wiradinata. "Saya senang sekali bisa bertemu langsung dengan Pak Bupati dan sangat menghargai beliau berbesar hati untuk menyampaikan miskomunikasi yang sudah terjadi."

Pertemuan antara Jeje Wiradinata dengan Nyoman Nuarta ini dihadiri juga oleh sejumlah pelaku seni lainnya yaitu Jim Supangkat, Tisna Sanjaya, Rikrik Kusmara, dan tim pengelola NuArt Sculpture Park yaitu Moh. Dradjat dan Keni Soeriaatmadja.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed