DetikHot

art

Art Stage Jakarta Hadirkan Penghargaan 'Life Achievement', Apa Syaratnya?

Kamis, 20 Jul 2017 13:27 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Art Stage Jakarta Hadirkan Penghargaan Life Achievement, Apa Syaratnya? Art Stage Jakarta Hadirkan Penghargaan 'Life Achievement', Apa Syaratnya? Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Dari 13 kategori yang ada di dalam program penghargaan seni gelaran Art Stage Jakarta 2017, ada satu kategori menarik untuk dibahas. Kategori 'Life Achievement' akan diberikan tim Art Stage Jakarta kepada seseorang yang berprestasi seumur hidup di bidang seni rupa.

Enin Supriyanto yang menjadi konsultan di penghargaan seni ini mengatakan 'Life Achievement' bukan sekadar kategori biasa.

"Ini diberikan kepada mereka yang bekerja lebih dari kadar profesinya. Misalnya, mereka profesinya sebagai seniman tapi dia juga mengajarkan kepada anak-anak atau masyarakat sekitarnya tentang seni, bagaimana menggambar dan terlibat di ruang lingkup sekitarnya," tutur Enin Supriyanto di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, belum lama ini.



Pekerjaan yang lebih banyak dari profesi pada umumnya tersebut, lanjut Enin, seharusnya diberikan apresiasi oleh publik. Hal ini pula yang melatarbelakangi Art Stage Jakarta memberikan khusus kategori 'life achievement'.

Selain itu, kategori Bhinneka sengaja dimasukkan oleh Lorenzo Rudolf Cs. Kata 'Bhinneka' diambil dari semboyan bangsa Indonesia 'Bhinneka Tunggal Ika'.

Menurut Enin, klasifikasinya bisa saja seorang seniman yang karyanya menampilkan keberagaman atau menjunjung Hak Asasi Manusia (HAM), dan lain-lain.

"Nah ada banyak unsur, itulah yang disebut dengan Bhinneka," lanjut Enin.

Ke-13 kategori akan diseleksi oleh enam dewan juri dari latar belakang seni budaya dan politik. Sedangkan upacara penganugerahannya berlangsung pada 10 Agustus di Auditorium IFI Jakarta.


(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA:Art Stage Jakarta 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed