DetikHot

art

Patung Ikan Karya Nyoman Nuarta di Pangandaran Dirobohkan

Jumat, 07 Jul 2017 13:52 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Patung Ikan Karya Nyoman Nuarta di Pangandaran Dirobohkan Patung Ikan Karya Nyoman Nuarta di Pangandaran Dirobohkan Foto: Istimewa
Jakarta - Sejak pagi tadi kabar patung Nyoman Nuarta di Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, dikabarkan dirobohkan. Kabar tersebut disebarkan oleh perupa asal Bandung Tisna Sanjaya ke berbagai grup WhatsApp Messenger.

Tisna Sanjaya mengatakan dia mendapat kabar tersebut dari Nyoman Nuarta sebagai pematung Monumen Patung Ikan.

"Tadi pagi saya di WhatsApp Pak Nyoman, katanya patung di Pangandaran dirobohkan. Saya tanya balik, patung apa itu? Itu patung tentang Pangandaran sebagai kota penghasil ikan," kata Tisna Sanjaya kepada detikHOT melalui sambungan telepon, Jumat (7/7/2017).

Nyoman Nuarta menceritakan kepada Tisna bahwa patungnya berdiri sejak 1970 silam. "Artinya patungnya sudah tua dan karya klasik, tapi Pak Nyoman sendiri nggak tahu kenapa dirobohkan entah wewenang Pemda atau bagaimana," lanjut Tisna Sanjaya.



I Nyoman Nuarta merupakan patung kenamaan Indonesia. Karyanya telah melanglang buana hingga ke berbagai penjuru Tanah Air. Sebut saja seperti Patung Garuda Wisnu Kencana (Badung, Bali), Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), serta Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta).

Patung Ikan Karya Nyoman Nuarta di Pangandaran Dirobohkan Patung Ikan Karya Nyoman Nuarta di Pangandaran Dirobohkan Foto: Istimewa


Dia dikenal sebagai salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (1976) dan mendirikan NuArt Scuplture Park. Di taman yang terletak keluarahan Sarijadi Bandung itu terdapat puluhan aneka patung dengan beragam ukuran di areal seluas tiga hektare.

Sejak Mei lalu, sebanyak 28 patung Nyoman Nuarta juga dipamerkan di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Patung-patung tersebut koleksi pribadi dari Nyoman Nuarta.

Saksikan video 20detik tentang Patung Ikan Pangandaran di sini:



Dalam foto yang tersebar di berbagai grup WhatsApp, ada foto yang memperlihatkan terdapat alat berat yang sedang merobohkannya.

Dengan adanya kabar patung Nyoman yang dirobohkan, menurut Tisna Sanjaya, seharusnya dikabarkan kepada pihak Nyoman. "Apapun yang terjadi itu adalah karya seni. Hasil panjang dari perenungan dan riset Nyoman Nuarta. Nggak sembarangan dirobohkan," pungkas Tisna Sanjaya.


(tia/ken)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed