Kelompok Sinar Noray Sukses Pentaskan 'Siapa Suruh Datang Jakarta?'

Tia Agnes - detikHot
Senin, 05 Jun 2017 11:20 WIB
Foto: Galeri Indonesia Kaya
Jakarta - Memperingati hari jadi Jakarta di bulan Juni, Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan beragam pementasan bertemakan Jakarta. Kelompok seni Sinar Noray turut berpartisipasi meramaikan dengan pertunjukan berjudul 'Siapa Suruh Datang Jakarta?' akhir pekan lalu.

Pertunjukan dibuka dengan lagu Jali-Jali, dilanjutkan tarian Nandak Ganjen. Pentasnya mengisahkan tentang orang-orang yang hidup di Jakarta membawa serta mimpi mereka agar menjadi orang-orang yang sukses ketika balik ke kampung halamannya.

Baca Juga: Uniknya Karya Seni 'Menanam Mie' yang Dipamerkan di Galeri Nasional

Engkar Karmila, pengurus Sinar Noray, mengatakan pementasan tentang realita ibu kota itu menampilkan ironi kondisi warga Jakarta dan para pendatang. "Mereka yang datang ke Jakarta ternyata harus melalui perjuangan berat, apalagi bagi yang tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan di Jakarta," kata Engkar Karmila dalam keterangan pers yang diterima.

Pentas Sinar Noray 'Siapa Suruh Datang Jakarta?' di Galeri Indonesia Kaya (GIK)Pentas Sinar Noray 'Siapa Suruh Datang Jakarta?' di Galeri Indonesia Kaya (GIK) Foto: Galeri Indonesia Kaya


Sinar Noray merupakan sanggar asuhan mendiang Mpok Nori. Kini, Sinar Noray melanjutkan perjuangan pendirinya dalam melestarikan budaya tari lewat pentas lenong, musik, dan tarian tradisional.

Sebelum pementasan 'Siapa Suruh Datang Jakarta', ada juga Bintang Indrianto dan Bianglala Voices yang menghadirkan wajah Jakarta pada pementasan 'Jakartaku, Jakarta Kita'. Setelahnya masih ada pertunjukan bertema 'Jakarta' di pekan berikutnya.

(tia/doc)