20 Lukisan akan Dipajang di Pameran Tunggal Jeihan Sukmantoro

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 26 Mei 2017 11:56 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pelukis kenamaan Indonesia Jeihan Sukmantoro segera menggelar pameran tunggal berjudul 'Sufi/Suwung' awal Juni mendatang. Ada 20 lukisan yang bakal dipajang di Studio Jeihan, Jalan Padasuka 145 Bandung.

Dalam keterangan yang diterima, Jumat (26/5/2017), lukisan-lukisan tersebut bertemakan ke-Illahi-an, hubungan antara Jeihan dan keesaan Allah.

"Setidaknya dua puluhan lukisan yang disajikan menggambarkan dunia sunyi Jeihan yang mengangkat makna diri manusia dan sufi. Di luar itu, hubungan Nusantara sebagai negeri rahmatalil alamin juga turut diolah," tulis pernyataan kepada detikHOT.

Baca Juga: Mikke Susanto Tulis Buku 'Jeihan: Maestro Ambang Nyata dan Maya'

Lukisan-lukisan yang ditampilkan turut dibahas dalam tema khusus di buku karya Mikke Susanto. Buku berjudul 'Jeihan: Maestro Ambang Nyata dan Maya' itu diluncurkan secara resmi sehari sebelum pembukaan pameran tunggal Jeihan Sukmantoro.

Jeihan Sukmantoro merupakan seniman terkemuka yang lahir di Solo pada 26 September 1938 silam. Namanya kerap disebut sebagai 'pelukis mata hitam' karena dalam setiap karya, Jeihan selalu menampilkan seni lukis figuratif yang khas.

Pameran tunggal Jeihan dibuka pada Jumat (2/6) hingga Selasa (20/6) mendatang.

Baca Juga: Fira Basuki Belajar Melukis dari Jeihan Sukmantoro

(tia/doc)