DetikHot

art

Viral di Sosmed! Banksy Muncul dengan Mural 'Brexit'

Senin, 08 Mei 2017 11:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Viral di Sosmed! Banksy Muncul dengan Mural Brexit Foto: Reuters
Jakarta - 'Brexit' atau yang artinya 'Britain Exit' menjadi perbincangan hangat sejak tahun lalu. Banksy pun tak mau ketinggalan cara untuk kembali menghebohkan jagat maya dengan mural berjudul 'Brexit' di dinding kawasan Dover, Inggris.

Saksikan video 20detik tentang Banksy di sini:


Mural 'Brexit' dipublikasikan di akun Instagram pribadi Banksy kepada 1,5 juta pengikut. Dia mempublikasikan fotonya dengan keterangan, "Dover, England," tulis Banksy. Posting-an itu langsung disukai hampir 150 ribu pengikut serta ratusan komentar.

Pelukis jalanan Banksy menciptakan mural yang menggambarkan 12 bintang emas pada bendera Uni Eropa di dinding Dover. Seorang pekerja pun tampak sedang menghancurkan dinding.

Baca: Karya Seni Banksy di Hotel Tepi Barat Palestina

Kawasan pelabuhan feri tersebut menghubungkan antara Inggris dan Calais di Prancis. Banksy pun sengaja memilih lokasi tersebut karena tebing putih Dover adalah lokasi tepat yang paling banyak dilihat masyarakat.

Dover, England.

A post shared by Banksy (@banksy) on May 7, 2017 at 6:40am PDT



Kawasan Dover telah berkembang pesat dalam liputan media terkait Brexit. Surat kabar Sun juga pernah berkampanye dengan judul 'Dover & Out' di tebing pada 24 Maret lalu, hari di mana Perdana Menteri Inggris Theresa May memicu keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Ini bukan pertama kalinya Banksy mengelurkan karya seni yang sarat dengan isu politik maupun kritik sosial. Di tahun 2015, Banksy menciptakan empat karya seni di kamp migran Jungle di Calais, dia menampilkan mural pendiri Apple Steve Jobs sebagai anak seorang migran Suriah.

Di bulan Maret, Banksy juga menciptakan Hotel Walled Off di Betlehem, sebuah losmen unik yang berdiri dekat perbatasan keamanan Israel yang menjulang di Tepi Barat.

Baca Juga: Sastrawan Sufi Candra Malik Rilis Novel Baru 'Layla'
(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed