Bob Dylan Resmi Terima Penghargaan Nobel Sastra

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 05 Apr 2017 14:25 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Bob Dylan akhirnya menerima secara resmi penganugerahan Hadiah Nobel Sastra 2016, akhir pekan lalu. Sebelum menggelar konser, dia mendatangi sebuah ruangan dengan mengenakan jaket kulit hoodie dan berbincangan dengan pihak Akademi Swedia.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (5/4/2017), upacara rahasia tersebut digelar di Stockholm sambil mengobrol dan minum sampanye. Serta memainkan beberapa lagu ciptaan dari Dylan.

Bob Dylan dikabarkan bertemu dengan 12 anggota Akademi Swedia. Menurut sekretaris Akademi, Sara Danius, sebagian besar mereka membicarakan tentang penghargaan itu sendiri.

"Kami sedikit berbicara tentang media emas, tapi yang kami bicarakan indahnya seorang pemuda duduk di bawah pohon sambil menunggu inspirasinya datang," tulis Danius, seperti dikutip dari blog pribadinya.

"Semangat yang tinggi, sampanye-nya juga sama enaknya," tuturnya lagi.

Simak: Dee Lestari Ungkap Alasan Novel Heksalogi 'Supernova' Sulit Diterjemahkan

Setelah menggelar konser singkat bersama penggemarnya di Swedia akhir pekan lalu, Dylan juga dikabarkan akan memberikan kuliah Nobel. Rencananya, dia akan merekam hasil pidatonya dan segera dikirimkan sebelum 10 Juni 2017 mendatang.

Oktober lalu, nama Bob Dylan dianugerahi Nobel Sastra. Akhir keputusan dewan juri, banyak menimbulkan perdebatan di ranah sastra. Dylan sendiri tidak mengakui keputusan tersebut selama hampir dua minggu lamanya, hingga salah seorang anggota Akademi menyebutnya 'sombong'.

Namun, akhirnya penyanyi folk itu mengakui kemenangannya dan mengatakan, "Penganuegarahan Nobel Sastra itu menakjubkan, dan luar biasa. Siapa yang bermimpi untuk mendapatkan penghargaan?" tutur Dylan saat itu.

Saat malam penganugerahan di Swedia, Patti Smith memberikan penghormatan di atas panggung. Kritikus sastra sekaligus sejarawan Horace Engdahl juga membacakan sambutan yang ditulis Dylan.
(tia/ken)