DetikHot

art

Apa yang Terpenting dalam Pembuatan Patung Figur?

Jumat, 31 Mar 2017 17:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Apa yang Terpenting dalam Pembuatan Patung Figur? Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Membuat patung figur atau sosok kenamaan yang mirip jadi salah satu hal tersulit. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi seorang pematung.

Menurut Purjito yang kerap menciptakan patung figur, faktor tersebut yang pada akhirnya akan menentukan patungnya mirip maupun tidak.

"Yang terpenting di patung potret tidak hanya wajah tapi postur tubuh. Misalnya saja patung Gus Dur buatan saya yang ada di Salihara, wajahnya ditutup, dari luar saja sudah harus terlihat bahwa itu adalah Gus Dur," tuturnya kepada detikHOT, Jumat (31/3/2017).

Selain gestur tubuh, hal lain yang jadi pertimbangan. Yakni, bagian wajah.

"Puncak yang paling sempurna adalah wajah. Karena wajah kan akan jadi representasi dari semua bagian yang dibikin. Dan tetap saja tubuh jangan dilupakan," tutur Purjito lagi.

Simak: Bukan Patung Ronaldo yang Diolok-olok, Ini Asli Buatan Indonesia

Menurutnya, di awal penggarapan karya tahap pertama adalah pengumpulan data. Seniman harus mengumpulkan data baik gambar, foto dari segala sisi, dan wawasan tentang sosok tersebut.

"Kalau riset data sudah selesai, baru pembuatan karya yang menurut saya satu minggu sudah bisa selesai sampai tahap finishing," pungkasnya.

Purjito dikenal sebagai pematung yang memiliki kemampuan teknik bentuk realistik dalam berkarya. Dalam rentang waktu 27 tahun berkarier sebagai perupa, Purjito telah menggelar lima pameran tunggal.

Di antaranya adalah Pameran Tugas Akhir di ISI Yogyakarta (1988); "Mentari Kecil" di Galeri 678, Kemang, Jakarta (2007); "Mandala Cakra" di FSRD ITB (2009); "Sembah" di Taman Budaya Yogyakarta (2014); dan "Memorandum" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2015).

Baca Juga: Purjito: Patung Ronaldo yang Diolok-olok Anatominya Tak Imbang


(tia/doc)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed