'Bunga Roos dari Tjikembang' Diadaptasi dari Sastra Melayu Tionghoa

Tia Agnes - detikHot
Senin, 06 Feb 2017 13:44 WIB
Foto: Galeri Indonesia Kaya
Jakarta - Seni sastra yang beragam dapat menghasilkan sebuah pertunjukan bergengsi yang berkualitas. Galeri Indonesia Kaya bekerja sama dengan Titimangsa Foundation mempersembahkan sebuah pertunjukan yang diadaptasi dari sastra melayu Tionghoa berjudul 'Bunga Roos dari Tjikembang'.

'Bunga Roos dari Tjikembang' diadaptasi dari karya ciptaan Kwee Tek Hoay. Disutradarai oleh Wawan Sofwan, pertunjukan mengangkat karya sastra klasik menjadi sebuah seni pertunjukan.

"Melalui pertunukan ini, kami ingin menyampaikan sebuah pertunjukan berkualitas dapat diadaptasi dari berbagai bentuk. Sehingga masyarakat Indonesia lebih giat untuk mencari tahu dan berminat untuk membaca karya-karya sastra Indonesia," ujar Wawan, dalam keterangannya, Senin (6/2/2017).

Simak: Winna Efendi Luncurkan Novel 'Some Kind of Wonderful'

Pementasan ini mengisahkan tentang Oh Ay Tjing yang merupakan seorang administratur perkebunan karet di Gunung Mulia, Bogor. Dia mempunyai seorang Nyai yang bernama Marsiti. Demi cintanya pada Marsiti, Ay Tjing rela melawan keluarganya dengan menolak menikahi Gwat Nio, anak dari pemilik perkebunan tempat Ay Tjing bekerja.

""Seni sastra yang begitu beragam selalu dapat menghasilkan pertunjukan yang sarat makna dan memberikan hiburan bagi para penikmat seni," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian.

'Bunga Roos dari Tjikembang' yang digelar akhir pekan lalu merupakan teater produksi Titimangsa Foundation yang diadaptasi dari Sastra Melayu Tionghoa karya Kwee Tek Hoay. Aktor Verdi Solaiman, Vanessa Kalani Ong, Madin Tyasawan, dan Andi Bersama turut bermain dalam lakon ini.


(tia/doc)