DetikHot

art

Red Hong Yi Bikin Potret Ai Weiwei dari 20 Ribu Biji Bunga Matahari

Kamis, 26 Jan 2017 16:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Red Hong Yi Bikin Potret Ai Weiwei dari 20 Ribu Biji Bunga Matahari Foto: Red Hong Yi/ pribadi
Jakarta - Lima tahun lalu, nama Red Hong Yi viral di sosial media karena karya mural Neymar, Ronaldo, dan Messi yang menggunakan bola. Setiap tahunnya, Hong Yi selalu meng-upload video art hasil karyanya. Di akhir Januari ini, dia mempublikasikan karya terbaru.

Dikutip dari akun resmi Red Hong Yi diketahui, kali ini ia menciptakan potret dari seniman asal Tiongkok Ai Weiwei. Ada 20 ribu benih yang ditaburkan di atas kain putih besar yang diibaratkan seperti sebuah kanvas.

"Ai Weiwei adalah seorang seniman yang selamanya mempertanyakan dan meminta pertanggungjawaban dari instansi melalui seni," tulis Red, seperti dikutip detikHOT, Kamis (26/1/2017).

Baca Juga: Karya Pemenang Kompetisi Webtoon LINE Creative 2016 Diterbitkan

Red Hong Yi Bikin Potret Ai Weiwei dari 20 Ribu Biji Bunga MatahariFoto: Red Hong Yi/ pribadi


Material benih memang pernah digunakan Ai Weiwei dalam pamerannya di Tate Modern, London. Karya Ai yang berjudul 'Sunflower Seeds' itu menantang impresi pertama dari pengunjung dengan ungkapan, 'apa yang kamu lihat belum tentu benar yang dilihat, dan apa yang kamu lihat belum tentu benar artinya'.

Karya Red Hong Yi pun terinspirasi dari kutipan Ai yang berbunyi, "Benih adalah benda rumah tangga tapi pada saat yang sama seperti simbol revolusioner."

Sebelumnya, Hong Yi pernah membuat karya seni yang terinspirasi dari kematian Robin Williams, peristiwa jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17, potret lukisan Ronaldo, Messi, dan Neyman. Serta potret Jackie Chan yang dibuatnya dari 64 ribu sumpit.

Penasaran seperti apa karya Red Hong Yi? Lihat video selengkapnya berikut ini:





(tia/mmu)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed