DetikHot

art

Selfie Jadi Bagian dari Seni?

Selasa, 24 Jan 2017 12:19 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Selfie Jadi Bagian dari Seni? Foto: Getty Images
Jakarta - Di Indonesia sendiri sejak dua tahun belakangan beragam galeri serta museum menggelar program selfie. Mereka mengajak pengunjungnya untuk turut selfie bersama karya yang disukai. Selfie pula dianggap sebagai undangan bagi generasi milenial masa kini.

Galeri Saatchi London pun berpikir demikian. Selfie dianggap sebagai bagian penting dari seni. Rencananya, Saatchi akan menggelar pameran yang mengeksplorasi pentingnya selfie sebagai bentuk dari seni. Apa saja isi pameran tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2017), The Saatchi Gallery mengatakan pamerannya akan menampilkan potret diri yang kini menjadi ikon era digital. Misalnya saja, potret diri dari pelukis Van Gogh, Rembrandt, hingga selfie yang lebih modern lagi yakni Kim Kardashian, hingga mantan Presiden Amerika Barack Obama dengan mantan Perdana Menteri David Cameron.

Simak: Lala Bohang dan Belasan Siswa ESoA Gelar Pameran 'Remember Me'

Direktur Saatchi Gallery London, Nigel Hurst, mengatakan popularitas selfie telah meroket sejak penemuan telepon seluler pintar. Bahkan kamus Oxford menambahkan kata 'selfie' dalam kamusnya di tahun 2013.

"Dalam banyak hal, selfie merupakan lambang transisi budaya kontemporer ke dalam era digitalisasi. Pameran ini menghadirkan wawasan menarik ke dalam sejarah dan kreativitas dari selfie itu sendiri," ujarnya.

Sebagian bagian dari proyek pameran, Saatchi akan menggandeng 10 fotografer muda Inggris. Galeri ini juga akan meluncurkan program baru mereka #SaatchiSelfie dan mengajak seluruh pengunjung untuk melakukan selfie di setiap pameran seni.

Pameran 'From Selfie To Self-Expression' akan dibuka di Saatchi Gallery pada 31 Maret mendatang.

HOT PHOTO: Lukisan Tebal Ini Terdiri dari 800 Liter Cat Minyak


(tia/mmu)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed