detikHot

art

Lukisan Terbaik Basoeki Abdullah Juga Dipamerkan di Gedung Baru

Rabu, 30 Nov 2016 16:12 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Museum Basoeki Abdullah baru saja meresmikan gedung baru yang masih berada di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat. Bangunan empat lantai itu akan difungsikan sebagai ruang pamer tetap dan temporer. Salah satunya adalah lukisan-lukisan karya Basoeki Abdullah yang selama ini tersimpan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Museum Basoeki Abdullah, Joko Madsono. "Setelah akhir Desember, pameran Basoeki Abdullah Art Award selesai, kami akan ganti dengan lukisan Pak Basoeki lainnya, yang selama ini belum dilihat publik," ujarnya kepada detikHOT, Selasa (29/11/2016).

Menurutnya, lukisan yang dipajang di Museum Basoeki Abdullah saat ini hanya sebagian saja, masih ada karya lainnya yang masih tersimpan dengan baik. "Hampir 40 persennya akan kami pajang di gedung baru. Dan akan terus berganti dengan lukisan lainnya agar tidak bosen," lanjut Joko.

Baca Juga: 30 Karya Terpilih Basoeki Abdullah Art Award #2 Dipamerkan

Lukisan Terbaik Basoeki Abdullah Juga Dipamerkan di Gedung BaruFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Salah satu lukisan Basoeki lainnya yang tengah dipajang berjudul 'Absolut Mistery'. Lukisan yang jarang terlihat di publik itu merupakan karya cat minyak di atas kanvas berukuran 75 x 100 sentimeter. Karya tersebut menggambarkan pemandangan alam, dimana mobil merah melintas di jalan yang lenggang.

Dalam sejarah perjalanan berkarya, karya ini memiliki makna yang penting, karena satu-satunya Basoeki Abdullah melukis mobil sehingga sempat menjadi pertanyaan publik.

Selain itu, masih ada lukisan 'Sungai Tak Pernah Kembali', 'Flora dan Fauna Kekayaan Langka', Terpecah Belah Terbawa Arus ke Alam Semesta', 'Dari Goresan Pertama Ibu Tien Soeharto', 'Batu-batu Sejarah', dan lain-lain. Pameran ini dapat dinikmati oleh masyarakat mulai dari 29 November sampai 30 Desember 2016.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com