DetikHot

art

Empat Seniman Bicara tentang Fashion Eksperimental di Pameran 'WUSINWUG'

Rabu, 09 Nov 2016 11:13 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Empat Seniman Bicara tentang Fashion Eksperimental di Pameran WUSINWUG Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Berbicara tentang fashion pastinya mempersoalkan tentang keindahan yang dipakai di tubuh atau fashion yang berada di atas catwalk. Namun, bagaimana kalau fashion bercampur aduk dengan seni? Terlihat unik?

Lewat eksibisi 'What You See Is Not What You Get' atau disingkat WUSINWUG, empat seniman dengan berbagai latar belakang menampilkan karya terbarunya di ajang Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) 2016. Bertemakan 'eksperimental', pameran ini dikuratori oleh Ika Vantiani.

"What You See Is Not What You Get konsepnya adalah apa yang kamu lihat belum tentu yang kamu dapat itu. Misalnya, ketika melihat busana ini di toko online atau di catwalk bagus banget, tapi pas kita pakai belum tentu kan. Saat dibeli beda yah, jadi lebih mau ngobrolin visual dari fashion yang dibuat," ujarnya ketika mengobrol di sela-sela pembukaan pameran di GrandKemang Hotel, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Cerita Pemain 'My Little Pony' tentang Jakarta

Empat Seniman Bicara tentang Fashion Eksperimental di Pameran 'WUSINWUG' Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Keempat seniman yang dipilih, lanjut Ika, diseleksi berdasarkan dengan karya yang selama ini mereka tampilkan. "Selama tiga bulan proses ini berjalan, proses kurasinya bukan memilih antara yang suka dan yang tidak suka. Tapi menyiasati antara seniman dan desainer," lanjutnya.

Para seniman yang berpartisipasi di antaranya adalah Marishka Soekarna asal Bandung yang menampilkan keberadaan perempuan sebagai makhluk produksi yang memiliki kekhasan masing-masing fasenya. Desainer Tommy Ambiyo pun secara istimewa akan menampilkan koleksi terbarunya.

Empat Seniman Bicara tentang Fashion Eksperimental di Pameran 'WUSINWUG' Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Sedangkan fotografer Anton Ismael yang terkenal lewat 'Kelas Pagi' akan memajang karya terbaru lewat sudut pandangnya. Seniman keempat adalah Felicia Budi yang dikenal gemar mengeksplorasi kekayaan mateial yang jarang disentuh oleh desainer lain.

"Dua pegiat berprofesi sebagai desainer, satu lagi adalah fotografer Anton Ismael yang dikenal sebagai fashion photographer. Kita butuh Anton untuk memperlihatkan visual proses di balik pemotretan fashion, dan satu lagi Marishka punya brand Ugly," pungkas Ika.

Pameran 'What You See Is Not What You Get' atau disingkat WUSINWUG dibuka pada 7 November dan berlangsung hingga 7 Desember. Jangan sampai kelewatan ya!


(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed