detikHot

art

Penyandang Tunanetra Kini Bisa Sentuh Lukisan Gustav Klimt

Kamis, 13 Okt 2016 17:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: AFP Foto: AFP
Jakarta - Lukisan-lukisan Gustav Klimt selalu memukau pecinta seni karena aliran simbolismenya dan warna yang ditorehkan di atas kanvas. Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat umum khususnya penyandang tunanetra, kini lukisan Klimt yang berjudul 'Kiss' diciptakan versi 3Dimensi.

Pada Rabu (12/10) lalu, versi tiga dimensinya diresmikan di Austria. Tujuan sederhana agar para penyandang tunanetra bisa menikmati pekerjaan seni Klimt, serta menyentuhnya langsung. Lukisan interaktif ini dibuat dengan menggunakan printer 3D dan memungkinkan lukisannya terasa asli.

Meski lukisan reproduksi-nya berukuran lebih kecil, tapi terdapat sensor yang bila disentuh ada pemicu audio yang menjelaskan informasi kecil tentang lukisan Klimt. Asosiasi Jerman untuk Tunanetra, Rainer Delgado, mengomentaskan karya 3D ini.

"Kami ingin membuka bab baru yang membuat seni ramah bagi penyandang tuna netra," ujarnya dilansir dari AFP, Kamis (13/10/2016).

"Di masa depan, kami berharap museum dan galeri seni memiliki printer 3D sendiri dan dapat men-download file-nya dari homepage museum," katanya.

Bantuan program seni ini merupakan bagian dari sebuah proyek Uni Eropa yang disebut AMBAVis. Tujuannya agar penyandang tuna netra 'bebas hambatan' dalam mengakses karya seni.

Gustav Klimt dikenal sebagai pelukis asal Austria yang beraliran simbolisme. Lukisan fenomenalnya yang berwarna emas 'Potrait of Adele Bloch-Bauer' dikenal di seluruh dunia.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com