DetikHot

art

'Discover the Beauty of Ikenobo' Tampilkan Keindahan Seni Kreatif Ikebana

Selasa, 20 Sep 2016 10:29 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Discover the Beauty of Ikenobo Tampilkan Keindahan Seni Kreatif Ikebana Foto: Istimewa
Jakarta - Pusat Kebudayaan Jepang atau The Japan Foundation mempersembahkan eksibisi salah satu seni kreatif Ikebana di penghujung September. Tahun ini, aliran Ikenobo diperkenalkan kepada peserta kursus yang jumlahnya ada 24 orang.

Ikebana dikenal juga sebagai seni merangkai bunga. Di negeri Sakura, terdapat beberapa aliran yang dikenal. Di antaranya adalah Ikenobo, Ichiyo, Mishoryu, Ohara, Koryu, Kozan, dan lain-lain. Di Indonesia sendii, aliran yang resmi terdaftar di Japan Foundation ada tujuh aliran.

Baca Juga: Grafiti Banksy Dipindahkan ke Museum Street Art Inggris

Dalam keterangan yang diterima detikHOT, Selasa (20/9/2016), Ikenobo adalah aliran tertua dari Ikebana yang berkembang pada abad ke-6 dari kebiasaan para biksu di Vihara Rokkakudo yang menaruh rangkaian bunga di altar persembahan. Para peserta kursus dari berbagai latar disiplin belajar tentang Ikebono dan di akhir pertemuan digelarlah sebuah pameran.

Mengusung tema 'Discover the Beauty of Ikenobo', ke-24 peserta pameran belajar tentang Ikenobo. Mereka menyelaraskan perasaan mereka dengan alam melalui rangkaian demi rangkaian untuk mengungkap sisi estetis aliran ikenobo.

Pameran 'Discober the Beauty of Ikenobo' berlangsung pada 22-23 September 2016 di Hall the Japan Foundation, Jakarta, Gedung Summitmas 1 Lantai 2, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.


(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed