Alasan Affandi Kerap Melukis Selfie

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 06 Agu 2016 15:00 WIB
Foto: Tia Agnes
Jakarta - Jika Anda pernah berkunjung ke Museum Affandi yang berada di pinggir Sungai Wong Yogyakarta, coba amati karya-karyanya yang bertemakan self potrait. Sosok wajah Affandi selalu menghiasi ribuan kanvasnya, seakan dia adalah seseorang yang narsis.

Di balik itu semua, country manager Indonesia spesialisasi dalam lukisan Asia Tenggara, Jasmine Prasetio, menjelaskan tentang pameran spesial Affandi di Art Stage Jakarta. "Self potrait ada cerita tersendiri, mengapa ia gemar sekali melukis wajahnya sendiri," jelasnya dalam bahasa Inggris, Jumat (5/8/2016).

Jasmine menjelaskan bahwa Affandi selalu melukis selfie dan mencari tahu apa ada yang salah dengan wajahnya. "Salah satu passion-nya adalah dirinya sendiri dan itu yang membuatnya spesial. Affandi selalu menantang dirinya sendiri, ada goresan dan warna yang sengaja dibuatnya lebih darker," tambah Jasmine.

Affandi diakui Jasmine adalah salah satu pelukis yang karya-karyanya jauh dari sikap politik. Dia tidak pernah menciptakan lukisan yang sarat akan kritik sosial maupun pemerintah. Affandi jauh lebih humanis dan menceritakan hal-hal sederhana yang terjadi di kehidupannya di kota Yogyakarta.

"Dia tidak berbicara tentang politik dan bukanlah seorang political painting. Dia seseorang yang bebas dan sangat manusiawi," tutur Lorenzo yang mempertegas perkataan Jasmine.

Di Art Stage Jakarta, terdapat pameran penghormatan terhadap sosok dari maestro seni lukis Affandi di lantai 3 Sheraton Grand Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan. Singgahkan ke sana dan kunjungi 17 karya masterpiece Affandi yang jarang diperlihatkan ke hadapan publik. Selamat berkunjung! (tia/ich)