detikHot

art

Pameran ArtScience Museum dan teamLab Jepang Dibuka 12 Maret

Selasa, 01 Mar 2016 13:06 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: ArtScience Museum Foto: ArtScience Museum
Jakarta - ArtScience Museum bekerja sama dengan teamLab Jepang akan menggelar pameran permanen 'Landmark' dan dibuka 12 Maret mendatang. Eksibisi yang terbuka untuk umum itu akan menampilkan karya seni yang futuristik, berteknologi tinggi, digital, serta interaktif.

Menandai babak baru dalam evolusi Museum ArtScience yang berada di Marina Bay Sands Singapura, pameran ini menggabungkan antara ilmu seni, sains, dan teknologi. Serta menjadi eksibisi permanen pertama dan terbesar bagi kedua institusi seni tersebut.

Direktur Eksekutif ArtScience Museum Honor Harger mengatakan peluncuran pameran tetap bersama dengan teamLab merupakan langkah besar bagi ArtScience Museum. "Bagi kami, ArtScience tumbuh menjadi salah satu lembaga kebudayaan yang paling inovatif di Asia. Dan di sini kami mengeksplorasi antara seni, sains, dan teknologi. Di sinilah inovasi dan ide-ide baru berakar," ujarnya, dalam keterangan pers kepada detikHOT, Selasa (1/3/2016).

Baca Juga: Pameran Tunggal Hanafi di Galeri Nasional Indonesia Dibuka Malam Ini

Bersama dengan teamLab, kata dia, para pengunjung dapat berinteraksi dengan karya seni digital. Anak-anak pun dapat menjadi pekerjaan dari karya global dan mengubah persepsi, serta setiap anggota keluarga dapat bermain bersama-sama.

"Kami percaya pameran permanen ini terbuka bagi segala usia, dan dapat menjalankan visi kami sebagai museum seni terdepan di Asia," tambahnya lagi.



Didirkan pada akhir 2001 oleh Toshiyuki Inoko, teamLab menampilkan karya seni dengan ratusan 'ultra teknologi' dari beragam latar belakang profesi. Ada seniman, programmer, insiyur, animator, matematikawan, arsitek, desainer, dan editor. Kelompok yang telah mendunia ini dikenal telah berhasil memamerkan karyanya di galeri seni ternama.

Di antaranya, Saatchi Gallery London, Museum di Australia, Tiongkok, Hong Kong, dan di eksibisi Prudential Eye Awards 2015. Baru-baru ini, teamLab menerima penghargaan sebagai eksibisi terbaik di Expo Milan 2015.

"Di teamLab, kami menggunakan teknologi digital untuk mengembangkan karya seni dan mengubah fungsi seni itu sendiri. Kami berharap pengunjung yang datang dapat mengalami pengalaman visual yang baru di ArtScience Museum," kata pendiri teamLab, Toshiyuki Inoko.  

Para pengunjung dijanjikan akan tenggelam dalam dunia seni, pengetahuan, sihir, dan metafora melalui 15 karya seni instalasi ciptaan teamLab. Seluas 1500 meter persegi, dan menghabiskan seperempat dari total ruangan galeri, pameran permanen ini akan dibuka pada 12 Maret mendatang.


(tia/ron)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com