Benedict Cumberbatch Menang Aktor Terbaik di Penghargaan Teater 'WhatsOnStage'

Tia Agnes - detikHot
Senin, 22 Feb 2016 13:36 WIB
Foto: BBC
Jakarta - Desember lalu, penyelenggara penghargaan 'WhatsOnStage' mengumumkan daftar lengkap para nominasi terbaik di panggung teater. Digelar yang ke-16 kalinya di Prince of Wales Theatre Inggris, kompetisi ini diumumkan saat Malam Anugerah pada 21 Februari lalu.

Aktor Benedict Cumberbatch lewat 'Hamlet' berhasil meraih 4 nominasi terbaik. Salah satunya adalah sebagai aktor terbaik dalam pertunjukan 'Hamlet'.

Kritikus teater Michael Billington dari The Guardian menyebutkan akting Cumberbatch di pentas tersebut 'anti-klimaks'. "Produksinya terlihat suram dan membuatnya seakan terpenjara tapi efek visual dan narasi serta eksplorasi karakternya sangat baik," ucapnya.

Simak: Jurus Legendaris Kungfu Shaolin Pukau Penonton Jakarta!

Bahkan Quentin Letts memuji karakter Cumberbatch sangat baik di pertunjukan tersebut. "Hamlet sekali lagi sangat bagus dibawa oleh Cumberbatch," pungkasnya.

Rival aktor 'Sherlock Holmes' tersebut adalah James McAvoy (The Ruling Class), Bradley Cooper (The Elephant Man), Mark Rylance (Farinelli and the King), dan Alex Hassel (Henry V).

Baca Juga: Novel 'Lelaki Harimau' Eka Kurniawan Akan Dibedah di IFI Jakarta

Nominasi untuk 'Hamlet' juga jatuh kepada aktor dan aktris pendukung terbaik yakni Ciaran Hinds, Kobna Holdbrook-Smith, Sian Brooke dan Anastasia Hille . Sementara Lyndsey Turner terpilih dinominasikan sebagai sutradara terbaik.

Malam Anugerah 'WhatsOnStage' juga memberikan penghargaan kepada sutradara berkebangsaan Irlandia Utara, Kenneth Branagah.

(tia/tia)