Pekan Nan Tumpah Hadir karena Minimnya Festival Seni Pertunjukan

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Des 2015 09:12 WIB
Foto: Pekan Nan Tumpah 2015
Jakarta - Tiga kali diselenggarakan di Sumatera Barat, Festival seni Pekan Nan Tumpah kembali hadir di penghujung tahun. Festival yang digelar selama sepekan itu diselenggarakan karena minimnya festival seni pertunjukan di Sumatera Barat.

Melalui Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT), mereka merespons hal tersebut. Manager Produksi KSNT, Brian Fadhli Fahmi mengatakan dari dua kali penyelenggaraan sebelumnya, festival tersebut sangat diapresiasi masyarakat.

"Salah satu apresiasi dan respons yang baik tersebut saat Pekan Nan Tumpah 2013 berhasil menjaring sedikitnya 1300 penonton baru seni pertunjukan di Sumatera Barat. Dan mereka mau membeli tiket," ucapnya dalam keterangannya, Rabu (16/12/2015).

Baca Juga: Festival Seni Pekan Nan Tumpah 2015 Kembali Digelar

"Kami telah jauh-jauh hari memulai pra event dengan performing art sederhana, serta menyebarkan leaflet dan brosur yang cukup provokatif di ruang-ruang publik untuk memancing rasa penasaran masyarakat," lanjutnya lagi.

Kali ini, Pekan Nan Tumpah 2015 menampilkan 4 pertunjukan dari 5 grup peserta undangan. Serta satu lakon yang berasal dari KSNT sendiri sebagai tuan rumah penyelenggara.

SelainĀ  sebagai usaha membangun publik penonton baru dari kalangan yang lebih luas, festival kali ini juga digagas dengan niat membangun silaturahmi antar kelompok pegiat seni pertunjukan di Sumatera Barat sekaligus sebagai perayaan 5 tahun perjalanan berproses Komunitas Seni Nan Tumpah.

Pekan Nan Tumpah 2015 berlangsung pada 22-26 Desember di Teater Utama/ Taman Budaya Sumatera Barat. Informasi selengkapnya di akun Twitter @KSNanTumpah maupun situs komunitas-seni-nan-tumpah.webnode.com.



(tia/tia)