'Go Set a Watchman' Berhasil Terjual 1,1 Juta Kopi di Amrik

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 23 Jul 2015 09:37 WIB
Dok.Getty
Jakarta -

Sejak awal kemunculan 'Go Set a Watchman', novel Harper Lee ini penuh kontroversi dan selalu hangat diperbincangkan di media massa. Kritikus sastra pun gencar mengkritiknya tapi buku tersebut justru makin merajai industri penerbitan internasional.

Awal pekan ini, penerbit HarperCollins mengumumkan bahwa 'GO Set a Watchman' bentuk cetak, elektronik, maupun audio telah terjual lebih dari 1,1 juta kopi di Amerika Serikat dan Kanada. Angka ini terhitung selama satu minggu perilisan.

Dalam keterangannya, Harper Collins juga menyebutkan 'Go Set a Watchman' menjadi satu-satunya buku yang terjual cepat sepanjang sejarah. Di posisi kedua ditempati oleh 'Harry Potter and the Deathly Hallows' (2007) dalam 24 jam pertama.

Simak: Siapakah Ai Weiwei, Seniman Tiongkok Paling Berpengaruh di Dunia?

Penerbit mencetaknya sebanyak 2 juta kopi namun merencanakan akan menambahnya lagi hingga 3,3 juta kopi. 'To Kill a Mockingbird' pun berada di 10 teratas buku terlaris di dunia.

Baca Juga: Dilarang ke Luar Negeri 4 Tahun, Akhirnya Paspor Ai Weiwei Dikembalikan

Sebelumnya, 'Go Set a Watchman' juga berhasil mengalahkan novel erotis E.L.James dengan 'Fifty Shades of Grey'. So, siapa rival 'Go Set a Watchman' di industri penerbitan internasional berikutnya?

(tia/tia)