Benny-Mice dan Kenangan 'Koran Dinding' IKJ

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 26 Jun 2015 11:27 WIB
Dok.Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Nama komikus Benny-Mice menambah semarak industri komik Tanah Air. Sejak diterbitkannya 'Lagak Jakarta' dan laku keras di rak-rak toko buku, mereka makin dikenal.

Jauh sebelum itu, duo lulusan IKJ ini pernah eksis dan ikut andil dalam perkembangan Koran Dinding atau Kording di kampusnya. Di sela-sela pameran '28IKINI', Mice yang memiliki nama lengkap Muhammad 'Mice' Misrad itu mengungkapkan ketakjubannya dengan perkembangan Kording IKJ.

"Kaget banget! dari banyaknya panel di pameran ini ternyata banyak mahasiswa dan alumnus IKJ yang bikin komik," katanya kepada detikHOT, Kamis (25/6/2015) malam.

Baca Juga: Dari Kording, Komik-Kartun di Cikini Eksis di Usia Ke-28

Di masa dia kuliah dahulu, belum ada penjurusan khusus untuk komik. Komik masih menjadi media alternatif bagi mahasiswa untuk berekspresi dan beraktivitas.

"Sekarang berani yang terjun ke komik dan ini harus diapresiasi," kata Mice. Menurutnya, yang terutama dalam membuat komik adalah cerita, dan sebanyak 30 persen baru kemampuan.

Simak: Dua Bulan Lagi, Komikus Mice Terbitkan Komik Inspiratif

"Kalau skill sudah ada tinggal gambar dan komunikasi ke pembaca. Itu yang selalu aku kasih tahu saat bikin workshop. Jadi cerita yang bergambar."

Mice bersama Benny membuat Kording di era 1990-an. Saking terkenalnya kreasi mereka, membuat Kelompok Penerbit Kompas Gramedia Group melirik dan menerbitkannya dalam bentuk buku.

Eksibisi '28IKINI Bikin Komik-Kartun di Cikini' berlangsung sampai 4 Juli mendatang.

(tia/mmu)