Novel Langka Karya Peraih Nobel Hilang Dicuri

- detikHot
Selasa, 05 Mei 2015 07:45 WIB
Dok.BBC
Jakarta - Edisi pertama dari novel 'One Hundred Years of Solitude' yang ditandatangani ole pengarang asal Kolombia, Gabriel Garcia Marquez hilang dicuri. Buku tersebut awalnya dipamerkan di dalam lemari terkunci di International Book Fair Bogota.

Eksibisi yang digelar untuk menghormati peringatan kematian Garcia Marquez itu akhirnya ditutup untuk sementara waktu. Diperkirakan harga novel edisi pertama itu mencapai Rp 780 juta.

Pemiliknya Alvaro Castillo yang berprofesi sebagai pedagang buku langka mengatakan ia membeli edisi pertamanya di tahun 1967. "Saya membeli di sebuah toko buku ibukota Uruguay, Montevideo," katanya dilansir BBC, Selasa (5/5/2015).

Baca Juga: Setelah 14 Tahun Wafat, Karya Seniman Tohny Joesoef Dipamerkan

Kemudian, penulisnya menandatangani edisi pertama tersebut dan menuliskan kata-kata khusus, "Kepada Alvaro Castillo, penjual buku tua, kemarin dan selamanya. Dari sahabatmu, Gabo."

Gabriel Garcia Marquez adalah peraih penghargaan Nobel bidang sastra di tahun 1982. Ia menjadi salah satu penulis terkenal di Kolombia. Pameran tersebut juga menjadi yang paling penting di Amerika Latin, karena menjadi setting dari novel 'One Hundred Years of Solitude' dan eksibisi tahunan di Bogota. 

(tia/tia)