detikHot

art

Ini Karya Seni Lain Megumi Igarashi yang Juga Mirip 'Kelamin Wanita'

Senin, 20 Apr 2015 12:33 WIB Tia Agnes Astuti - detikHot
Jakarta - Merayakan alat kelamin wanita dalam bentuk karya seni mungkin akan menjadi masalah bagi seniman yang tinggal di Jepang. Pertengahan tahun lalu, Megumi Igarashi mempromosikan karya seni terbarunya yang berbentuk perahu 'kelamin wanita', sontak publik dan pemerintah Jepang geger.

Ia terancam hukuman dua tahun penjara dan denda senilai 2,5 juta yen atau sekitar Rp 200-an juta. Wanita yang memiliki nama samaran 'Rokudenashiko' atau berarti 'gadis nakal' memprotes keputusan tersebut.

Megumi dan para penikmat seni lainnya beranggapan kayak 'kelamin wanita' tersebut adalah legal dan sebagai ekspresi berkesenian. "Saya sangat terkejut melihat bagaimana orang-orang marah melihat karya saya. Atau ketika mereka meminta saya datang ke acara televisi, mereka akan menyensor perkataan saya 'Deko-man' karena 'man' atau 'manko' dianggap tabu," jelasnya dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/4/2015).

Simak: Seniman Jepang Pembuat 'Kelamin Wanita' Ternyata Juga Komikus Manga

Ternyata selain "perahu" tersebut, ada karya seni 'kelamin wanita' lainnya yang diciptakan Megumi. Yakni sebuah diorama miniatur 'kelamin wanita' untuk PLTN Fukushima yang rusak.

"Karya seni ini tabu di atas hal tabu lainnya," jelas Megumi.

Berita Juga: Kronologi Penangkapan Seniman Jepang Pembuat 'Kelamin Wanita'

Karya seni tersebut adalah adegan pembersihan nuklir yang terjadi di Fukushima Daiichi yaitu pembangkit listrik yang bangkrut. Ada enam pekerja berpakaian seragam pabrik. Uniknya, kontur diorama tersebut seperti berbentuk 'kelamin wanita'.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com