DetikHot

Indonesia Dance Festival 2014

Pestanya Koreografer dan Penari Mancanegara Digelar Pekan Ini

Rabu, 05 Nov 2014 09:28 WIB  ·   - detikHOT
Pestanya Koreografer dan Penari Mancanegara Digelar Pekan Ini
Jakarta - Festival tari bertaraf internasional yang digelar dua tahunan Indonesia Dance Festival (IDF) resmi dibuka semalam di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Mengusung tema 'Expand', IDF kali ini mengajak ratusan penari dan 15 koreografer mancanegara untuk berpartisipasi memeriahkan.

Digelar selama lima hari berturut-turut dari 4-8 November di berbagai tempat yang berbeda yakni Teater Kecil TIM, Gedung Kesenian Jakarta, Goethe Haus, Salihara, dan Teater Luwes IKJ.

Dalam sambutannya semalam, Direktur IDF Maria Darmaningsih mengatakan tema yang diambil memiliki makna yang penting. "Di awal berdirinya IDF yang masih menggunakan nama Festival Penata Tari Muda hanya mengundang koreografer Tanah Air," ujarnya Selasa malam (4/11/2014).

Namun kini, puluhan koreografer mau diundang dan berpartisipasi menunjukkan kebolehan tariannya. "Expand berarti meluas, menjangkau yang terbaru."

Festival tari yang tertua di Indonesia dibuka dengan penampilan kolaborasi 'Roro Mendur' karya maestro tari Retno Maruti dan seniman visual sekaligus pendiri Cemeti Art House Nindityo Adipurnomo.

Selain itu, di pertunjukan utama IDF 2014 hari ini di Teater Luwes IKJ juga digelar kolaborasi Choy Ka Fai (Singapura) dengan Rianto (Indonesia). Selanjutnya malam harinya di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) digelar pertunjukan karya Eko Supriyanto (Indonesia) dengan tarian berjudul 'Cry Jailolo'.

Serta Katia Engel asal Jerman dengan tarian 'In Between' dan berkolaborasi dengan Benny Krisnawardi. Pertunjukan utama lainnya pada 6 November 2014 yakni Jerome Bel asal Prancis dengan 'Cedric Andrieux' di Goethe Haus, Jakarta Pusat.

Di hari Jumat, 7 November 2014, TAO Dance Theatre asal Tiongkok menggelar '2' di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Melalui karya-karyanya yang menggunakan judul angka dan bukan kata-kata, Tao Ye berharap dapat melampaui dualitas abstrak versus pemikiran konkret.

"Yang tak kalah bagusnya adalah satu karya kolaborasi seniman Belgia Arco Renz dengan koreografer muda asal Pandangpanjang Ali Sukri di malam penutupan 9 November," katanya.

IDF tahun ini didukung oleh tujuh peserta negara yakni Jepang, Tiongkok, Korea, Singapura, Jerman, Prancis, dan Belgia. Simak artikel mengenai Indonesia Dance Festival 2014 hari ini, hanya di detikHOT!


(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed