DetikHot

art

Seniman Thailand Natee Utarit Pameran Tunggal di Jakarta

Senin, 02 Okt 2017 11:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seniman Thailand Natee Utarit Pameran Tunggal di Jakarta THE INTROSPECTION (2016) karya Natee Utarit Foto: Galeri Nasional Indonesia/ Richard Koh Fine Art
Jakarta - Richard Koh Fine Art dan Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran seni rupa kontemporer dari seniman asal Thailand, Natee Utarit. Eksibisi yang bertajuk 'Optimism is Ridiculous: The Altarpieces' itu akan berlangsung pada 3-17 Oktober 2017.

Natee Utarit bakal menampilkan tujuh karya yang dikerjakannya sejak 2012 silam. Karya-karyanya ini pernah dihadirkan di berbagai galeri seni di Asia.

Pameran yang bertema 'The Altarpieces' merupakan kritik Natee Utarit terhadap modernisasi Barat, sindiran modernisme, serta kapitalisme dengan persoalan adat dan tradisi setempat. Terdiri dari 12 karya, karya-karya ini tersusun dari beberapa panel yang membentuk diptych, triptych dan polyptych, mengikuti tradisi lukisan religius klasik dengan bingkai dan penataan serba rinci.



"Dalam lukisan-lukisan ini, saya menawarkan tafsiran mengenai dunia dan kepercayaan yang muncul di dunia Barat, tapi menurut cara pandang Asia," tutur Natee Utarit, dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (2/10).

Sebelumnya, pameran tunggal Natee Utarit berlangsung di Museum Ayala, Kota Makati, Filipina pada Februari 2017. Setelah Jakarta, karya-karyanya bakal menyambangi Singapura.

Karya-karya Natee Utarit sudah dikoleksi oleh sejumlah seni rupa di lembaga terkemuka. Misalnya saja di Bangkok University, Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art di Brisbane, Australia, dan Singapore Art Museum di Singapura, serta sejumlah koleksi pribadi di Eropa dan Asia.



Praktik berkeseniannya fokus terhadap eksplorasi fotografi dan seni rupa klasik Barat. Dia fokus menghadirkan metafora yang luas dan beragam melalui gambaran alam benda (still life), suatu rangkaian kiasan mengenai kondisi sosial dan politik Thailand masa kini.

Pameran lulusan jurusan Seni Grafis Universitas Silpakom, Bangkok, Thailand itu dibuka pada Selasa (3/10) sampai Selasa (17/10) mendatang.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed