DetikHot

art

5 Pematung Yogyakarta Pameran di Tengah Mall Jakarta

Rabu, 21 Okt 2015 07:45 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
5 Pematung Yogyakarta Pameran di Tengah Mall Jakarta Dok.Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Jika tengah berada di Pasific Place akhir pekan ini, mampirlah ke pameran 'Sculpture Extended'. Di sisi kiri mall ini akan didapati 15 karya pematung asal Yogyakarta.

Patung-patung yang ditampilkan pada perayaan ulang tahun ke-25 dari Ciptadana sekaligus pameran ke-5 yang diselenggarakan oleh Ciptadana Art Program. Para seniman ternama tersebut adalah Anusapati, Awan Parulian Simatupang, Hedi Hariyanto, Ichwan Noor, dan Teguh Supriyono.

Anusapati merasa terhormat karena pihak Ciptadana memilih seni patung sebagai karya yang ditampilkan kali ini.

"Kami merasa selama ini seni patung kurang mendapatkan perhatian dari publik dibandingkan jenis karya lainnya," katanya saat jumpa pers di Gedung Ciptadana, Jalan Sudirman Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Setiap seniman menampilkan karyanya masing-masing sesuai dengan identitasnya. "Ada patung yang lama tapi ada juga yang mewakili ekspresi seniman. Semoga jadi jendela untuk publik," ujar Anusapati.

Seperti patung karya Anusapati yang menggunakan bahan seperti batang dan potongan dari kayu dengan memanipulasi bentuk dari organisme alam. Serta patung yang dibuat oleh Hedi Hariyanto mengeksplorasi bentuk dan bahan yang sangat beragam, memanipulasi objek acak seperti kaleng, kayu, resin, dan logam.



Patung lainnya yang tergolong imajinatif adalah Ichwan Noor yakni sebuah mobil yang dilipat sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan sangat imajinatif. Serta Teguh Supriyono yang menarik perhatian melalui kombinasi dua benda yang kontras, seperti terompet dan bentuk pistol, atau kain dan kaki wanita untuk menciptakan kesan erotis.

Material lainnya digunakan oleh pematung Awan Parulian Simatupang yang menghasilkan patung secara simbolis. Dengan menggunakan lebih banyak imajinasi berbentuk perkotaan. Dia mengeksplorasi bahan keras seperti pelat logam stainless dan resin.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed