DetikHot

art

Fenomenal! Marina Abramovic Bikin Performing Arts dari Pemakamannya

Selasa, 07 Jul 2015 13:39 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Fenomenal! Marina Abramovic Bikin Performing Arts dari Pemakamannya Marina Abramovic
Jakarta -

Marina Abramovic terkenal selalu membuat seni pertunjukan yang berbeda dari seniman lainnya dan sedikit 'nyentrik'. Namun, wanita berusia 67 tahun tersebut merencanakan sebuah performing arts terakhir yang berasal dari pemakamannya.

Dilansir dari Guardian, Selasa (7/7/2015), Marina akan menggabungkan antara gerak tari kontemporer, musik, pakaian warna warni dan hitam. Selama 12 hari, Marina kini tengah residensi (menetap dan membuat karya seni) di Sydney, Australia.

Ia menyadari kesehatannya makin lama menurun. Menurutnya, seorang seniman harus meninggal dunia secara sadar, tanpa takut, dan tanpa menunggu ajalnya tiba. "Pemakaman adalah karya seni terakhir dari setiap seniman di mana pun berada," katanya.

Baca Juga: 'Tropicality Revisited', Pameran 12 Arsitek di Frankfurt Book Fair 2015

Menggunakan skenario pemakamannya sendiri, Marina mengatakan para pengunjung yang hadir harus memakai naskah yang diinginkannya.

Ketika mempresentasikan ide karya terbarunya, salah seorang audiens mengungkapkan bagaimana jika ada pemakaman Marina lebih dari satu dan dikuburkan di tiga kota?

Marina tersenyum dan berkata, ""Tentu saja! Saya merencanakan ada tiga tubuh. Ada satu tubuh yang nyata dan dua yang palsu. Tidak ada yang tahu, tubuh mana yang asli dan yang palsu dimakamkan," ujarnya.

Performing arts ciptaannya tersebut terinspirasi dari pemakaman seorang kawan Marina yang merupakan penulis. Ia bernama Susan Sontag dan meninggal dunia pada 2004 silam. "Itu pemakaman paling menyedihkan yang saya temui dan ia manusia terbaik yang pernah kukenal." Sebelumnya, Marina juga pernah tampil performing arts di video klip Jay Z yang berjudul 'Picasso Baby'.

Jangan lupa baca kisah seniman Kinez Riza menjelajahi pedalaman Afrika hingga Kalimantan dan residensi di Kutub Utara dalam Young&Famous!




(tia/ron)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed