DetikHot

art

Lewat 'Si Juki Lika-Liku Anak Kos', Faza Meonk Pertama Dilirik Webtoon Indonesia

Rabu, 06 Mei 2015 15:28 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Lewat Si Juki Lika-Liku Anak Kos, Faza Meonk Pertama Dilirik Webtoon Indonesia
Jakarta - Webtoon kini tak lagi sebatas budaya baru dalam membaca komik di Korea Selatan saja. Tapi, telah merambah ke Indonesia dan mulai diminati pembaca muda.

Halaman komik yang tidak panjang, isi yang ringkas, dan jalan cerita yang menarik menjadi keunggulan dari Webtoon. Faza Meonk pun menjadi komikus pertama yang dilirik oleh pihak Webtoon Indonesia untuk merilis 'Si Juki'.

Bagaimana cerita awal keterlibatan Faza Meonk di webtoon? Kepada detikHOT, pria bernama lengkap Faza Ibnu Ubaydillah Salman itu mengatakan ia yang dihubungi langsung oleh pihak Webtoon.

Baca Juga: Webtoon Lirik Karya Komikus Lokal

"Katanya mereka tertarik dengan 'Si Juki', dan akhirnya terjalin kerja sama begitu saja," ucapnya Rabu (6/5/2015).

Selanjutnya, karakter 'Si Juki' pun dikembangkan dengan gaya yang menarik dan akrab dengan masyarakat Indonesia khususnya anak kos. "Selanjutnya bagaimana cara bertahan hidup ala anak kos, tips dan triknya, dan cerita kekonyolan Juki selama ngekos," katanya.

Karena ceritanya sangat familiar dan dekat dengan kehidupan anak muda perantauan, dan belum banyak dieksplorasi baik di buku. "Di komis Si JUki juga belum banyak dieksplor. Jadi tema budaya urban ini Indonesia banget," ujar Faza.

Selain di Webtoon, 'Si Juki' juga tersebar di Facebook, Twitter, Kaskus, Youtube, dan Instagram. 'Si Juki' juga sekarang ini bukan hanya sebuah komik strip namun sudah berkembang lebih luas. Mulai dari komik interaktif, komik kolaborasi, komik cetak, hingga merchandise.


(tia/mmu)

FOKUS BERITA:Webtoon Indonesia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed