Selamat Jalan Suzanna, Ratu Horor Indonesia

Amelia Ayu Kinanti - detikhot
Kamis, 16/10/2008 13:38 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/10/16/230/suz-dalem.jpg Suzanna (ist)
Jakarta -
Indonesia telah kehilangan bintang horor legendarisnya. Suzanna yang dijuluki Ratu Horor Indonesia itu kini telah tiada. Di usia yang ke 66 tahun, bintang 'Beranak dalam Kubur' itu pada, Rabu, (15/10/2008) telah menghadap Yang Kuasa.

Suzanna mengawali karirnya di dunia hiburan saat memenangkan kontes 'Tiga Dara' yang di audisi oleh Usmar Ismail. Film pertama Suzanna berjudul 'The Long March yang dirilis tahun 1950. Aktingnya yang memukau dalam film 'Asmara Dara' membuatnya mendapatkan penghargaan The Best Child Actress dalam festival film asia di Tokyo tahun 1960.

Selanjutnya, aktris yang bernama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch lebih terkenal lewat peran-perannya di film horor. Film-film panas dan mistik, seperti 'Bernafas Dalam Lumpur' dan 'Bumi Makin Panas serta Pulau Cinta' (1978) dan 'Ratu Ilmu Hitam' (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik. Sepanjang hidupnya Suzanna telah membintangi 42 judul film.

Suzanna sempat bermain dalam sinetron 'Selma dan Ular Siluman'. Pada awal tahun 2008, Suzanna kembali terjun ke layar lebar dan berperan dalam film 'Hantu Ambulance'. Kesehatan Suzanna sempat ambruk saat dirinya melakoni syuting film tersebut.

Hubungan cinta Suzanna rupanya tak semulus karinya. Perempuan kelahiran Bogor itu pernah menikah dengan aktor Dicky Suprapto. Pernikahan itu kemudian dikaruniai satu anak, Kiki Maria. Namun pernikahan itu tak bisa diselamatkan. Suzanna pun menikah yang kedua kalinya dengan aktor Clift Sangra, lawan mainnya dalam film 'Sangkuriang'. Clift yang berumur 20 tahun lebih muda dari Suzanna itu pun setia menemani sang istri hingga akhir hayatnya.
(kee/eny)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X